TribunBatam/

MOTION

Merintis Komunitas Wakeboarding di Batam

Komunitas ini merupakan wadah bagi pencinta olahraga air, wakeboarding atau yang selama ini dikenal dengan cable ski.

Merintis Komunitas Wakeboarding di Batam
TRIBUNBATAM
Motion 

NAMA Batam Wakeboarding Community (BWC) mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat Batam. Ya, komunitas ini memang masih baru dan usianya belum genap enam bulan.

Saat awal dibentuk, kominitas ini memakai nama Batam Wake Life, namun kemudian berganti nama menjadi Batam Wakeboarding Community. Nama ini dinilai lebih mencerminkan regional Batam, terutama jika ada kompetisi wakeboarding.

Sesuai namanya, komunitas ini merupakan wadah bagi pencinta olahraga air, wakeboarding atau yang selama ini dikenal dengan cable ski. Ini merupakan penggabungan antara snowboarding, skateboarding, dan surfing di atas air.

Jika ingin tahu markas besarnya atau ingin tahu seperti apa olahraga wakeboarding ini, datang saja ke wahana Batam Wakepark yang berlokasi di kawasan wisata Golden Prawn di Bengkong Laut, Batam. Dari tempat wisatan inilah awal mula komunitas BWC terbentuk.

Ketua BWC, Ifan mengatakan, sama seperti cikal bakal komunitas lainnya, BWC juga dilatarbelakangi kesamaan hobi dan minat sejumlah orang terhadap olahraga air. Mereka bertemu secara tak sengaja, saat menjajal permainan yang memacu adrenalin tersebut di Batam Wakepark.

"Sebelum dibentuk sebenarnya kami sudah sering ketemu beberapa kali. Tapi masih segan awalnya," kata Ifan kepada Tribun, belum lama ini.

Setelah beberapa kali bertemu, Ifan pun memberanikan diri mengajak rekan-rekan yang sering bermain wakeboarding membentuk sebuah komunitas.

Gayung bersambut, terkumpullah sejumlah orang yang memiliki hobi yang sama. Hingga kini naggota BWC sudah mencapat lebih kurang 20 orang. Mereka berasal dari beragam latar belakang profesi dan usia, mulai 17-30-an tahun. Bahkan ada anggota yang masih sekolah.

"Di komunitas ini kami sering melakukan diskusi bareng, main bareng. Sharing trik-trik. Karena tak semua anggota profesional, kebanyakan kami belajar dari nol. Saya juga masih belajar dari yang profesional," ujarnya.

Di mata Ifan sendiri, wakeboarding bisa dibilang olahraga ekstrem. Untuk memainkannya, memang perlu memperhatikan unsur keselamatan, semisal mengenakan helm, dan beberapa perlengkapan pendukung keselamatan lainnya. Permainan ini juga butuh trik-trik agar mencapai kepuasan dan terhendar dari cidera.

Halaman
123
Penulis: Dewi Haryati
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help