TribunBatam/

Mustika Rasa

Dimsum Siomay Gonggong ala Kedai Durian Tok Ngah. Jangan Sampai tak Coba

Gonggong merupakan makanan khas Kepulauan Riau dan sekaligus varian seafood yang banyak digemari semua kalangan.

Dimsum Siomay Gonggong ala Kedai Durian Tok Ngah. Jangan Sampai tak Coba
TRIBUNBATAM/ANDRIANI
Mustika Rasa 

KEPULAUAN Riau ini memang identik dengan kekhasan pada makanan lautnya. Bahkan Bagus dari vokalis Band NTRL yang datang dalam acara Outfest Tribun Batam juga merindukan makanan laut di Batam terutama gonggong.

Gonggong memang merupakan seafood yang banyak digemari semua kalangan. Ini karena rasa dagingnya yang manis, kenyal, dan segar membuat gonggong terasa nikmat untuk diolah menjadi apapun. Sebut saja, diolah menjadi dimsum siomay gonggong.

Dimsum ini tersedia di Kedai Durian Tok Ngah yang selama ini memang dikenal sebagai penyedian makanan spesialis durian. Dimsum Siomay Gonggong ini sangat nikmat di lidah.

"Ini satu-satunya di Batam dengan gonggong di toppingnya. Selain itu, di dalam kulit lumpia ada olahan udang dan daging ayam. Untuk sambal kami juga khas," kata Prayogi Ramadhan, Marketing Kedai Durian Tok Ngah di KDA, Batam Centre, Selasa (17/10/2017).

Dimsum siomay gongong terasa gurih, lembut dan rasa seafoodnya juga sangat mengena. Untuk menambah nikmat rasa dimsum, bisa ditambahkan dengan sambal merah yang terasa pedas, manis, dan sedikit asam.

"Untuk anak-anak yang tidak suka pedas, kami juga sediakan lenghong kien yakni dimsum dari udang dan ayam lalu digoreng dan dibalut dengan mayonaise dan susu," ujar Prayogi.

Karena Kedai Durian Tok Ngah adalah spesialisasi durian, tentu saja menu-menu durian tidak ditinggalkan. Beragam makanan yang bercitarasa durian disediakan terutama pancake. Durian yang digunakan berasal dari Medan dan diolah secara homemade di Batam.

Untuk kulit pancake terdapat dua pilihan yaitu pandan dan durian. Di dalam kulit pancake terdapat daging durian dan whipcream. Pancake durian dapat bertahan hingga empat bulan saat berada dalam freezer dan 10 jam saat berada di luar ruangan.

Khusus Kedai Durian Tok Ngah yang berada di KDA, ada sejumlah makanan lain yang disediakan di antaranya batagor, aneka makanan nusantara, dan ayam bakar. Untuk minuman, tersedia sop durian dan es durian. Kedai Durian Tok Ngah juga tersedia di Tiban Centre, Bandara, Seraya, dan Nagoya Hill.

Kedai Durian Tok Ngah di KDA buka setiap hari dari pukul 06.00 - 23.00 WIB. Harga minuman di mulai dari Rp6.000 sampai Rp25 ribu. Sedangkan harga makanan dimulai dari Rp15 ribu sampai Rp25 ribu.

Pembaca Tribun yang ingin membuat sendiri Dimsum Siomay Gonggong, bisa mempraktikkan resep spesial dari Kedai Durian Tok Ngah ini.

Bahan
250 gram daging ayam cincang halus
250 gram udang kupas cincang halus
1/2 - 1 kg gonggong, ambil dagingnya
1 sdm tepung maizena
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap asin
3 siung bawang putih haluskan
1 butir telur
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Kulit pangsit secukupnya
Merica bubuk secukupnya
Minyak wijen secukupnya

Cara Membuat
1. Kocok telur, campurkan dengan bawang putih, gula, merica bubuk, kecap asin, saus tiram, dan minyak wijen secukupnya
2. Campurkan dengan daging ayam dan udang aduk rata. Lalu masukan tepung maizena, aduk rata kembali.
3. Siapkan satu lembar kulit pangsit, beri isian secukupnya lalu bentuk pinggirnya. Letakan gonggong di atasnya. Kukus sekitar 30-45 menit.
4. Untuk sambal, bisa diulek cabai kering, bawang putih dan cuka.
5. Sajikan Dimsum Siomai Gong-gong dengan sambal selagi hangat. (*)

Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help