TribunBatam/

Mellennial

Jangan Asal Jepret! Gaya Selfiemu adalah Karaktermu!

Tahukan kalian kalau foto selfie bisa digunakan untuk menganalisis karakter seseorang?

Jangan Asal Jepret! Gaya Selfiemu adalah Karaktermu!
TRIBUNBATAM/ANDRIANI
Mellennial 

DI zaman milenial ini, warganya identik dengan dunia Medsos dan aktivitas berselfie ria. Di setiap tempat dan di momen apapun berfoto sendiri atau bersama orang lain menjadi sesuatu yang kerap dilakukan.

Jika melihat isi gadget para Mellennials, tentunya foto-foto selfie kamu akan sangat mudah ditemui dengan beragam gaya dan ekspresi.

Nah guys, ternyata bisa menunjukkan seperti karakter kamu.

Jika selama ini, pembacaan karakter seseorang biasanya dilakukan melalui raut muka, garis tangan, tulisan tangan, cara berjabat tangan, kini foto selfie bisa digunakan untuk menganalisis karakter seseorang.

El Savier, lembaga penerbit penelitian ilmiah yang terkenal di dunia pernah mempublikasikan hasil penelitian psikologi yang berasal dari Singapura dan Tiongkok.

Penelitian tersebut dipimpin Lin Qiu dari Nanyang Technological University, Singapura.

Dalam penelitian tersebut, dianalisis 123 foto selfie yang diambil dari Sina Weibo, microblogging Tiongkok. Kemudian, para pemilik foto diminta mengikuti tes kepribadian melalui berbagai pertanyaan.

Penelitian ini memakai 13 parameter, di antaranya ekspresi wajah, pandangan mata (ke arah kamera atau tidak), posisi kamera saat mengambil foto selfie, serta lokasi selfi dilakukan.

Dari penelitian tersebut setidaknya ada empat karakter yang bisa terbaca dari gaya foto selfi. Karakter tersebut adalah bersahabat (suka mengambil foto dari bawah), teliti (tidak mau selfie di tempat-tempat privat), terbuka (gaya selfi cenderung menunjukan emosi yang positif), dan neurotis atau cemas dan tidak percaya diri (gaya selfi dengan memonyongkan mulut).

"Selfi unik-unik bahkan ekstrim itu menunjukan kecendrungan tertentu dan merasa ingin menjadi pusat perhatian. Mereka melakukan itu untuk mengundang perhatian orang lain baik demi like maupun komen," kata Dinuriza Lauzi, M.Psi, selaku psikolog pratisi dan psikolog LPSK pada Tribun, Minggu (22/10/2017).

Menurutnya, tidak sedikit pula para Mellennials yang suka upload foto selfi dengan pose menarik. Orang seperti ini masuk dalam kategori narsisme atau perasaan cinta terhadap diri sendiri yang berlebihan.

Dari foto selfie juga bisa terlihat tujuan dari foto tersebut, apakah untuk pamer atau mem-branding dirinya sendiri.

"Foto selfie tentu ada keinginan agar dianggap hebat dan mendapat pujian. Tapi foto selfie yang membawa pengaruh positif juga bisa ditentukan dari diri kita sendiri. Foto selfie menunjukan profesi kita saat ini apakah pelajar, mahasiswa, karyawan, dan lain sebagainya,"ujar Dinuriza.

Satu hal yang perlu diingat ya guys, saat mengunggah foto selfie, perlu diperhatian tujuan dan output yang diinginkan. (*)

Tips Unggah Foto Selfie yang Bermanfaat
1. Niat dan Tujuan
Tentukan niat dan tujuan saat mengunggah foto selfie, apakah ingin branding diri sendiri atau mendapatkan pujian dengan membutuhkan pengakuan dari orang lain.
2. Bikin Tema
Upload foto selfie baiknya jangan asal meng-upload melainkan memiliki tema sesuai dengan tema media sosial kamu. Apakah tentang keluarga, traveling, kuliner, dan lainnya.
3. Sesuaikan dengan Impian
Foto-foto yang diunggah di Medsos baiknya juga disesuaikan dengan impian kamu. Contohnya, jika punya keinginan kuliah di Australia atau negara lain, maka upload foto selfie kamu seputar impian tersebut.
3. Beri Batasan
Tidak semua momen hidup ini harus diunggah di Medsos. Foto-fotonya pun tidak perlu terlalu banyak karena hal itu bisa mengundang kejahatan dunia maya. Cukup unggah satu atau dua foto saja sesuai tema yang diinginkan. (*)

Tags
selfie
Gaya
Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help