Bea Cukai Lelang 59 Mobil Mewah, Catat Apa Saja Biaya Tambahan yang Harus Dibayar

Lelang 59 unit mobil mewah itu dilakukan tanpa kehadiran peserta lelang namun melalui internet atau e-auction

Bea Cukai Lelang 59 Mobil Mewah, Catat Apa Saja Biaya Tambahan yang Harus Dibayar
KONTAN
Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membebankan berbagai kewajiban kepada pemenang lelang satu paket kendaraan bermotor yang terdiri dari 59 unit mobil mewah dari hasil sitaan Bea Cukai Banda Aceh.

Kewajiban itu berupa biaya yang menjadi tanggungan pemenang. Berdasarkan pengumuman lelang Nomor: Peng - 02/WBC.01/KKP.MP.02/2017, setidaknya ada empat biaya yang harus dibayarkan oleh pemenang lelang. Pertama yaitu bea lelang.

"Bea lelang pembeli sebesar 2 persen dari harga lelang," seperti dikutip dari pengumuman tesebut, Jakarta, Selasa (24/10/2017).

Kedua, biaya lain yang harus dibayarkan oleh pemenang lelang yaitu bea pencacahan sebesar 2,5 persen dari harga lelang. Biaya ini disetorkan ke kas negara dengan menggunakan sistem e-billing.

Baca: Lowongan Kerja di Batam - Apakah Anda Butuh Pekerjaan? Simak Lowongan Berikut Ini

Baca: Beli Sekarang! Grand Avenue Park di Batuaji Naik Harga Setelah Launching

Baca: Suku Bunga KPR BTN Turun. Ini Dia Angka Terbarunya

Ketiga, sewa gudang sebesar Rp 560 juta. Pemenang lelang membayar uang sewa gedung ke rekening PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Cabang Malahayati hingga November 2017.

Apabila sampai dengan waktu yang ditentukan pemenang lelang belum selesai mengeluarkan 59 unit mobil mewah tersebut, maka akan dikenakan tarif pemakaian gudang kategori bisnis.

Sementara itu kewajiban keempat yakni membayar jasa pra lelang sebesar 15 persen dari harga lelang.

Lelang akan dilaksanakan oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Banda Aceh dalam kurun waktu 3 jam saja yaitu mulai pukul 11.00 - 14.00 WIB, hari ini.

Adapun perantara lelang adalah Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Banda Aceh dengan jasa pralelang PT Balai Lelang Artha.

Lelang 59 unit mobil mewah itu akan dilakukan tanpa kehadiran peserta lelang namun melalui internet atau e-auction dengan penawaran terbuka di https://www.lelangdjkn.kemenkeu.go.id/. (*)

*Berita ini juga tayang di Kompas.com dengan judul : Pemenang Lelang 59 Mobil Mewah Harus Bayar Berbagai Kewajiban Ini...

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved