Jumlah Anak Puluhan Ribu, Disdukcapil Pinang Baru Terbitkan 500 Kartu Identitas Anak. Ada Apa?

Jumlah Anak Puluhan Ribu, Disdukcapil Pinang Baru Terbitkan 500 Kartu Identitas Anak. Ada Apa?

Jumlah Anak Puluhan Ribu, Disdukcapil Pinang Baru Terbitkan 500 Kartu Identitas Anak. Ada Apa?
kompas.com
Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tanjungpinang mencatat sampai saat ini sudah mengeluarkan 500 Kartu Identitas Anak (KIA).

Baca: Jangan Panik! Beginilah Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar Telkomsel, Indosat dan XL!

Baca: Heboh! Mulan Ngotot ke Dhani Sekolahkan Safeea ke SD Internasional, SPP Bulanannya Dahsyat!

Jumlah tersebut masih sedikit, bila dibandingkan jumlah anak di Kota Tanjungpinang yang mencapai puluhan ribu.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tanjungpinang Irianto mengatakan sesuai dengan ketentuan, memang anak-anak harus memiliki KIA. Sehingga ini menjadi kewajiban orang tua untuk mengurus pembuatan KIA anaknya.

"KIA ini merupakan identitas anak. Seperti KTP untuk kita. Cuma untuk anak nanti data yang tercatat di KIA lebih lengkap, seperti nomor KK dan nomor Akte Kelahiran juga dicantumkan," katanya, Jumat (27/10/2017).

Untuk persyaratan permohonan KIA, bisa diurus di Kantor Kecamatan masing-masing. Bisa juga langsung ke Disdukcapil Kota Tanjungpinang.

Adapun persyaratan untuk pengurusan KIA yakni membawa fotokopi Akta Kelahiran anak, pas foto anak ukuran 3X4 sebanyak dua lembar. Kemudian fotokopi KK dan KTP orang tua.

"Tapi untuk usia 0-5 tahun tidak menggunakan pas foto. Itu hanya anak diatas usia itu," katanya.

Bila memenuhi persyaratan setelah diverifikasi dan divalidasi, maka KIA bisa diterbitkan. KTA ini bentuknya mirip seperti KTP Elektronik hanya berbeda warnanya. Bila KTP-el dominan berwarna biru, maka KIA dominan berwarna merah.

Namun, menurut Irianto, untuk pengurusan saat ini, pencetakan fisik KIA belum bisa dilakukan. Karena mesin pencetak KIA,

masih di fungsikan untuk mencetak KTP Elektronik (KTP-el). Namun begitu, pengurusan KIA tetap bisa dilakukan. Hanya saja pencetakan yang masih menunggu.(*)

Penulis: M Ikhwan
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help