Kerja Gadget Makin Lemot? Cek 4 Penyebab Utama Turunnya Performa Gadget Berikut Ini

Robert Merkel, Ahli Komputer dari Monash University memaparkan 3 penyebab utama turunnya performa gadget setelah digunakan dalam waktu lama.

Kerja Gadget Makin Lemot? Cek 4 Penyebab Utama Turunnya Performa Gadget Berikut Ini
Ponsel Android 

TRIBUNBATAM.id - Semakin lama usia perangkat, performanya biasanya ikut menurun. Hal ini berlaku untuk perangkat manapun, entah gadget smartphone maupun PC desktop/laptop.

Meski demikian, beberapa gadget masih bisa di upgrade untuk tetap menjaga perfoma agar bisa bekerja lebih baik.

Baru-baru ini, Robert Merkel, Ahli Komputer dari Monash University dikutip KompasTekno dari Scenece Alert, Kamis (26/10/2017), memaparkan 3 penyebab utama turunnya performa gadget setelah digunakan dalam waktu lama.

Memori yang overload

Setiap kali melakukan pembaharuan, ukuran sebuah aplikasi biasanya akan jadi lebih besar. Hal ini disebabkan oleh bertambahnya informasi dan fitur yang disediakan oleh aplikasi tersebut.

Meskipun pembaruan pada aplikasi tersebut diklaim dapat meningkatkan performa, namun tidak akan terjadi tanpa disertai dengan cadangan ruang penyimpanan yang cukup.

Setiap perangkat memiliki jumlah memori utama (RAM) yang terbatas. Ketika kapasitas RAM berkurang dan menipis, data akan dialihkan ke ruang penyimpanan lain, sehingga proses pengolahan informasinya memakan waktu yang lebih lama.

Pada perangkat PC, kondisi ini disebut dengan "trashing". Biasanya kondisi ini ditandai dengan terdengarnya bunyi berisik pada pelat hard-disk.

Baca: Heboh Laki-laki Melahirkan Bayi, Begini Penjelasan Medis Penyebab Ada Janin dalam Tubuh Ganang

Baca: MEMILUKAN! Sehari Sebelum Meninggal, Rara Kirim Foto Ini ke Ponsel Suaminya

Halaman
123
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved