Anda Pekerja Kantoran? Waspadai 3 Risiko Penyakit Ini

Meski terlihat enak dan nyaman, duduk di kursi kantor seharian dan tidak melakukan aktivitas berat, nyatanya bisa memunculkan masalah kesehatan.

Anda Pekerja Kantoran? Waspadai 3 Risiko Penyakit Ini
KOMPAS.COM
Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.id - Setiap pekerjaan punya risiko kesehatan masing-masing.

Pekerja pabrik, misalnya, berisiko tinggi mengalami gangguan pernapasan dan penyakit jantung karena jenis pekerjaannya yang berbeda dengan pekerja kantoran.

Lantas, masalah kesehatan apa yang mungkin dihadapi oleh karyawan kantor pada umumnya?

Meski terlihat enak dan nyaman, duduk di kursi kantor yang empuk seharian dan tidak melakukan aktivitas berat, nyatanya bisa memunculkan masalah kesehatan — dari yang ringan hingga berat.

Tak hanya dapat memengaruhi kesehatan tubuh, namun kualitas performa kerja dan produktivitas juga bisa terganggu akibatnya.

Masalah otot dan rangka

Pekerjaan sehari-hari yang menuntut Anda untuk duduk lama di depan komputer dapat mengubah postur tubuh, sehingga menyebabkan masalah otot dan rangka seperti nyeri punggung dan leher.

Pasalnya, otot dan rangka tubuh sebenarnya dirancang untuk membuat Anda terus bergerak aktif.

Ketika Anda berdiri dan berjalan, otot perut akan bekerja menegang untuk menopang tubuh, tapi selama duduk, otot ini tidak digunakan. Akibatnya, otot dapat melemah.

Membungkuk ke depan sewaktu bekerja untuk melihat layar komputer menempatkan stres yang luar biasa pada leher, terutama pada bagian yang menghubungkan tulang belakang dengan kepala.

Halaman
123
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help