TribunBatam/

Mellennial

Infused Water, Minuman Segar Kaya Manfaat. Begini Cara Membuatnya!

Infused water atau spa water yang dalam arti bahasa Indonesia berarti air infus.

Infused Water, Minuman Segar Kaya Manfaat. Begini Cara Membuatnya!
TRIBUNBATAM/ANDRIANI
Infused water 

INFUSED water, minuman yang berisi potongan buah dalam wadah berisi air dingin beserta es belakangan happening dan disukai banyak orang.

Bahkan, minuman kesehatan yang diklaim dapat menurunkan berat badan, membantu detox, hingga meningkatkan kesehatan secara menyeluruh ini juga dijadikan welcome drink atau sajian saat ada acara tertentu.

Infused water atau spa water yang dalam arti bahasa Indonesia berarti air infus. Air infus ini merupakan minuman segar, campuran dari potongan buah serta air mineral.

Potongan buah dalam air tersebut berada dalam satu wadah yang telah didinginkan dalam waktu seharian atau semalaman.

"Semua buah bisa menjadi infused water. Infused water mengandung kalium, sedikit vitamin, dan mineral. Kalium juga sebenarnya termasuk dalam mineral. Karena semua buah terdapat kalium. Dan untuk kalium tertinggi itu ada di buah pisang," kata dr Brain Gantoro, SpGK selaku spesialis gizi klinik di rumah sakit Awal Bros pada Selasa (31/10/2017).

Kalium diketahui sangat baik untuk fungsi jantung, menjaga fungsi otot, dan pencernaan secara normal.

Sayangnya, infused water termasuk asupan yang "miskin" gizi karena zat gizi biasanya berasal dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Sementara di infused water yang bisa didapatkan hanya karbohidrat, vitamin dan mineral. Sedangkan lemak hanya di buah tertentu. Dan protein juga tidak bisa didapatkan dari infused water.

"Infused water merestriksi atau menahan asupan gizi atau gizi. Tapi untuk yang diet infused water baik tapi bukan berarti mengganti infused water dengan makanan lain. Tapi jadikan infused water sebagai pelengkap," ujar dr. Brain.

Untuk membuat infused water, perlu diperhatikan potongan buahnya. Karena vitamin pada buah bisa menyatu dengan air, apabila permukaan buah kontak langsung dengan air. Semakin tipis potongan, maka semakin banyak yang dilepaskan untuk kalium, vitamin dan mineralnya.

Halaman
12
Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help