Ada-Ada Saja! Australia Lakukan Ini untuk Mencegah Mahasiswanya Stres Jelang Ujian

Sebuah universitas di Australia melakuka cara-cara yang tidak biasa guna membantu meredam stres mahasiswa jelang ujian akhir tahun.

Ada-Ada Saja! Australia Lakukan Ini untuk Mencegah Mahasiswanya Stres Jelang Ujian
ABC News
Kebun binatang peliharaan di Universitas Canberra, Australia. 

TRIBUNBATAM.ID- Sebuah universitas di Australia membangun kebun binatang untuk membantu meredam stres mahasiswa jelang ujian akhir tahun.

Namun, bukan kebun binatang yang berisi hewan-hewan seperti harimau atau gajah, melainkan binatang peliharaan seperti anjing dan kambing.

Universitas Canberra menginisiasi program minim stres jelang ujian dengan mendirikan kebun binatang tersebut.

Dilansir dari ABC News, Jumat (3/11/2017), pakar kesejahteraan universitas, Thomas Nielsen mengatakan, interaksi antara mahasiswa dan binatang bisa mengurangi stres.

"Kita tahu, banyak faktor kesejahteraan kita berasal dari hal itu dan bisa berkontribusi pada kesejahteraan makhluk lain sama pentingnya juga," ujarnya.

"Sesuatu yang sederhana seperti bermain dengan binatang," tambahnya.

Menurutnya, meredakan stres dengan kegiatan kreatif, akan membantu mahasiswa belajar untuk ujian.

Seorang mahasiswa jurusan komunikasi, Ayden Porter mengaku, sangat senang bermain dengan anjing di kebun itu. Hal tersebut membantunya fokus mengerjakan ujian.

"Dengan stres yang melingkupi semua orang, ini merupakan selingan kecil yang menyenangkan," katanya.

Survei Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) tahun ini menemukan dari 72 negara, mahasiswa Australia paling banyak mengalami kecemasan jelang ujian.

Pelajar di Negeri Kanguru itu juga mengeluhkan stres karena beban tugas sekolah yang berlebihan. (kompas.com/VERONIKA YASINTA)

Berita ini sudah diunggah di kompas.com dengan judul : Cegah Stres Mahasiswa, Universitas di Australia Bangun Kebun Binatang

Editor: Sri Murni
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help