TribunBatam/

Maskapai Ini Minta Para Penumpang Timbang Berat Badan Sebelum Naik ke Pesawat

Maskapai Finnair, meminta para penumpang untuk menimbang berat badan mereka pada alat timbangan yang telah disediakan sebelum memasuki pesawat.

Maskapai Ini Minta Para Penumpang Timbang Berat Badan Sebelum Naik ke Pesawat
halosehat
Ilustrasi timbang berat badan 

TRIBUNBATAM.ID- Sudah pernah diminta timbang badan sebelum naik ke pesawat? Rasanya belum ada maskapai di Indonesia yang menerapkan aturan timbang badan ini ya.

Namun, di Finlandia, Maskapai Finnair, meminta para penumpang untuk menimbang berat badan mereka pada alat timbangan yang telah disediakan sebelum memasuki pesawat. Mengapa demikian?

Mengutip dari Kompas.com yang bersumber dari BBC, Jumat (3/11/2017), kebijakan ini bukan dimaksudkan untuk mengurangi beban kargo pesawat. Akan tetapi, maskapai tengah melakukan survei kepada penumpang guna mengecek bahwa estimasi yang digunakan untuk menghitung total berat, bahan bakar, dan keamanan pesawat telah akurat.

"Maskapai mengetahui berat pesawat, berat barang bawaan bagasi kabin saat check-in, namun tidak mengetahui berat penumpang," ujar Päivyt Tallqvist, direktur komunikasi Finnair.

Sejauh ini, maskapai tersebut sudah mendapatkan 180 orang yang secara sukarela ditimbang berat badannya, lengkap dengan bawaan bagasi kabin mereka. Finnair butuh 2.000 orang penumpang untuk ditimbang berat badannya agar dapat dengan akurat mengetahui bobot bawaan pesawat.

Finnair menggunakan estimasi standar berat badan penumpang yang ditetapkan Lembaga Keselamatan Penerbangan Penumpang (EASA).

Berat badan standar penumpang pria adalah 84,6 kilogran, penumpang wanita 66,5 kilogram, dan penumpang berusia di bawah 12 tahun adalah 30,7 kilogram.

Namun demikian, EASA menemukan fakta-fakta unik yang kadang ditemukan dalam penerbangan. Penumpang pria yang menduduki kursi first class cenderung bobotnya lebih berat dibanding penumpang pria di kelas ekonomi, sementara hal sebaliknya berlaku untuk penumpang wanita.

Adapun rata-rata bobot barang bawaan yang disimpan di kabin adalah 6,1 kilogram, namun menyusut ketika musim panas. Penumpang pria pun cenderung membawa barang-barang yang lebih berat.

Faktor musim pun memengaruhi bobot penumpang beserta barang bawaannya. Pada musim dingin tentu saja barang bawaan lebih berat lantaran penumpang mengenakan pakaian tebal dan mantel.

Selain itu, ras juga memengaruhi. Penumpang-penumpang yang berasal dari Asia cenderung lebih ringan.

Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah maskapai lainnya juga telah memerhatikan bobot penumpang. Pada tahun 2013, Samoa Air menjadi maskapai pertama yang mengenakan biaya tambahan per kilogram berat badan ketimbang per orang penumpang.

Tahun lalu, maskapai Hawaiian Airlines juga mulai menimbang berat badan penumpang yang bepergian dari dan ke Samoa. Sekedar informasi, Samoa adalah negara dengan tingkat obesitas tertinggi di dunia. (kompas.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWAN)

Berita ini sudah ditayangkan di kompas.com dengan judul : Maskapai Ini Timbang Berat Badan Penumpang Sebelum Naik Pesawat

Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help