TribunBatam/

HEBATNYA Gas Rawa, Bisa Dialirkan ke Rumah Warga dan Bertahan Ratusan Tahun

Sudah lebih dari dua bulan ini, puluhan keluarga kurang mampu di Desa Rajek, Jawa Tengah tidak lagi menggunakan tabung gas melon untuk memasak.

HEBATNYA Gas Rawa, Bisa Dialirkan ke Rumah Warga dan Bertahan Ratusan Tahun
Kompas.com/Puthut Dwi PN
Warga Desa Rajek, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, memasak dengan kompor gas yang teraliri gas Rawa, Selasa (14/11/2017). 

TRIBUNBATAM.ID- Sudah lebih dari dua bulan ini, puluhan keluarga kurang mampu di Desa Rajek, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah tidak lagi menggunakan tabung gas melon untuk memasak. 

Warga tidak lagi harus bersusah payah berburu hingga mengeluarkan biaya untuk mendapatkan fasilitas tabung gas elpiji atau liquid petroleum gas ukuran 3 kilogram subsidi dari pemerintah itu. 

Alasannya, karena di desa ini tersimpan sumber daya gas rawa yang kini dialirkan ke rumah-rumah warga secara cuma-cuma.

Desa Rajek yang dihuni sekitar 750 KK ini bisa ditempuh sekitar satu jam perjalanan dari Kota Purwodadi, Grobogan. Infrastruktur akses jalan desa cukup memadai dengan betonisasi.

Desa ini dikelilingi lahan persawahan yang subur. Mayoritas penduduk berprofesi sebagai buruh tani serta buruh bangunan. 

Seperti masyarakat umumnya, selama ini kompor gas dan tabung gas melon sudah menjadi fasilitas kebutuhan primer warga setempat.

Rata-rata setiap keluarga di Desa Rajek memiliki sarana itu. Namun, kini mereka tak butuh gas melon lagi.

Baca: Antisipasi Kebutuhan LPG 3 Kg, Pertamina tambah Stok Gas Hingga Dua Minggu ke Depan

Berawal dari Sumur Bor

Semua berawal dari sumur bor untuk mencukupi kebutuhan akan air bersih. Sebenarnya, warga desa sudah lama ingin merealisasikan sendiri sumur bor tanpa bantuan dari pemerintah.

Halaman
1234
Editor: Sri Murni
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help