Dinas ESDM Kepri Masih Bingung Tentang Dana Jaminan Reklamasi

Sesuai aturan, dana tersebut disimpan di bank negara. Sementara sebagian besar dana disimpan di BPR milik pemerintah daerah.

Dinas ESDM Kepri Masih Bingung Tentang Dana Jaminan Reklamasi
TRIBUNBATAM/AMINNUDIN
Bekas galian tambang yang mendadak ramai dikunjungi woisatawan setelah jadi viral di media sosial 

TRIBUNBATAM.id. TANJUNGPINANG - Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kepri tengah menggesah proses pengalihan pengelolaan dana jaminan reklamasi dan reklamasi Pasca tambang.

Saat ini dana itu masih tersimpan dalam rekening bersama pemerintah kota dan kabupaten ke Provinsi Kepri.

Namun ada sejumlah pemerintah kota maupun kabupaten di Kepri yang tidak kooperatif menyampaikan data data tersebut ke Provinsi Kepri.

Menanggapi tersebut, Amjon kepala Dinas ESDM Provinsi Kepri menuturkan ada dua persepsi berbeda terkait penyimpanan dana tersebut.

"Sebenarnya bukan tidak kooperatif menyampaikan data ke kita. Melainkan ada dua persepsi. Selama ini dana tersebut ada dan disimpang di daerah. Mereka beranggapan bank daerah bank pemerintah juga," ujarnya dikonfirmasi, Jumat (17/11).

Karena memang sesuai aturan dana tersebut di simpan di bank negara. Sementara sebagian besar dana disimpan di BPR milik pemerintah daerah. 

Saat ini pihaknya tengah meminta rekening bersama yang menyimpang dana jaminan reklamasi itu Provinsi kepri.

"Kita akan kejar. Karena disitu (dananya) tidak hilang. Sudah masuk dalam data kita. Bahwa perusahaan-perusahaan tambang untuk memindahkan seluruh rekening QQ bersama dengan pemerintah kabupaten kota ke Provinsi. Surat ke bank dan bupati /walikota sudah kita kirim," ujarnya. (wfa)

Penulis: Wahib Wafa
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved