Mellennial

Pengen Jadi Beat Maker Seperti Alan Walker? Simak Triknya di Sini

Tugas beat maker membuat musik dari awal sampai akhir dengan memadukan suara-suara alat musik secara elektronik.

Pengen Jadi Beat Maker Seperti Alan Walker? Simak Triknya di Sini
TRIBUNBATAM/ANDRIANI

DI era digital seperti sekarang ini, bukan hanya surat yang sudah beralih ke elektronik lho guys! Tetapi musik kini juga sudah mulai beralih ke elektronik.

Bahkan beberapa penghobi musik elektronik di Batam juga aktif dalam membuatnya.

Para penggiat musik tentu sudah tidak asing dengan yang namanya beat maker. Beat maker adalah proses membuat musik secara elektronik, dan mulai booming sejak maraknya musik hip hop.

Karena rapper biasanya diiringi musik elektronik yang dibuat oleh beat maker.

"Beat maker itu istilah orang yang membuat instrumen musik elektronik. Jadi tugas beat maker itu membuat musik dari awal sampai akhir dengan memadukan suara-suara alat musik secara elektronik juga," ujar Mauli Rubi, seorang beat maker dari Batam, Kamis (15/11/2017).

Tapi jangan terkecoh perbedaan Arrangement, DJ, dengan beat maker. Aransemen lebih kepada lagu dan nada sudah ada tinggal meng-arasemennya. 

Sedangkan beat maker membuat musik untuk dijadikan sebuah lagu.

"DJ bisa dibilang sebagai beat maker karena DJ juga membuat musik sebelum akhirnya dimainkan dengan pioner," kata Mauli.

Pioner, lauchpad, midi, piano, sound system, dan masih banyak lainnya termasuk dalam alat pendukunng setelah musik elektronik jadi.

Ada beberapa beat maker sekaligus DJ yang sudah terkenal di dunia musik. Seperti Alan Walker, Martin Garrix, Marsmellow, Kygo.

"Salah satu dari beat maker adalah elektronik dance musik gendre tropical house. Dan ini termasuk genre yang saya mainkan. Dan ada beberapa lainnya seperti EDM, Future bass, hardcore, deep house," ujarnya.

Tidak masalah jika tidak memiliki alat pendukung dalam beat maker. Karena dari softwere yang ada, kamu sudah bisa membuat musik.

Salah satunya adalah FL (Fruity Loop) studio. Dengan softwere ini, kamu sudah bisa membuat musik elektronik. Karena di dalamnya juga ada nada-nada gitar, drum, hingga piano.

mellennial-grafis
 (TRIBUNBATAM/GANJAR WITRIANA)

"Basic-nya tentu harus paham mengenai musik, mulai tempo musiknya, memadukan beberapa alat musik, hingga mencocokkan nada-nada yang tepat. Setelah musik jadi, barulah kalau ada pioner atau alat pendukung lain dimasukkan nada-nadanya yang sudah ter-setting di laptop atau komputer juga," ungkap Mauli.
Beat maker ini bisa menghilangkan stres, bisa menghilangkan rasa jenuh. Semua genre musik bisa kamu hasilkan,hingga genre dangdut. (*)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help