BPJS Juga Akomodir Pekerja Bukan Penerima Upah. Jumlahnya Kini Mencapai 92.551 Orang

Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Sumbar-Riau, Budiono saat membuka acara, Senin(21/11/2017) malam

BPJS Juga Akomodir Pekerja Bukan Penerima Upah. Jumlahnya Kini Mencapai 92.551 Orang
TRIBUNBATAM/ALFANDI SIMAMORA
BPJS Ketenagakerjaan menyerahkan klaim kepada ahli waris, Selasa (22/11/2017) di sela acara Press Gathering. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Sumbar-Riau menggelar Press Gathering di KTM Resort Kota Batam, Selasa (21/11/2017) hingga Kamis (23/11/2017).

Sebanyak 19 media cetak dan online di wilayah Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau hadir dalam acara yang mengusung tema Membangun Sinergi Bersama Media Massa Untuk Meningkatkan Brand Awareness BPJS Ketenagakerjaan.

Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Sumbar-Riau, Budiono saat membuka acara, Senin(21/11/2017) malam, mengatakan, pentingnya bagi masyarakat khususnya pekerja bisa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Baca: HANYA 3 HARI Promo Mobil Honda di Kepri Mall, Beri Gratis Cicilan, Bunga 0 % dan Banjir Hadiah

Baca: Letusan Freatik Gunung Agung Akan Lebih Sering. Begini Penjelasannya

Baca: Empat Lowongan Kerja Terbaru Hari Ini. Dua Berlokasi di Nagoya Hill. Anda Berminat?

Sejak Transformasi dari Jamsostek tahun 2014 lalu, BPJS Ketenagakerjaan memiliki empat program unggulan yaitu, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP). 

BPJS tidak hanya mengakomodir pekerja formal atau pekerja penerima upah (PU), tapi juga Informal atau Bukan Penerima Upah (BPU). 

Hingga Oktober 2017, BPJS telah melayani 1.984.534 tenaga kerja aktif. Terdiri dari 787.638 tenaga kerja aktif di sektor pekerja penerima upah (formal) dan sekitar 92.551 untuk sektor pekerja bukan penerima upah (informal).

Sedangkan tenaga kerja aktif proyek jasa konstruksi mencapai 1.104.345 tenaga kerja. 

"Untuk meningkatkan cakupan kepesertaan BPJS ketenagakerjaan. Kanwil Sumbar-Riau bersinergi dengan Disnakertrans Provinsi Sumatera Barat, Riau, dan Kepri," katanya.

BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Sumbar-Riau terbagi menjadi 11 Kantor Cabang dan 18 Kantor Cabang Perintis yang semuanya tersebar di tiga provinsi, Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau.

"Pembayaran jaminan terbanyak adalah  program jaminan hari tua dengan total  113.550 kasus dimana nya atau sebanyak 86.139 tenaga kerja melakukan pengajuan klaim JHT dikarenakan mengundurkan diri dari pekerjaannya," katanya.(als)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved