Kini Kahiyang Resmi Sandang Marga Siregar. Begini Upacaranya

Itu pertanda sah dan resmilah Kahiyang menjadi boru Siregar. Dia lalu menerima sertifikat yang sudah bertuliskan namanya, Kahiyang Ayu Siregar.

Kini Kahiyang Resmi Sandang Marga Siregar. Begini Upacaranya
MEDIA CENTER Pesta Adat Bobby-Kahiyang
Kahiyang Ayu saat acara penabalan marga. 

TRIBUNBATAM.id, MEDAN  - Rumah Doli Sinomba Siregar di Jalan STM, Medan, sudah ramai sejak pagi. Doli adalah saudara laki-laki tertua ibunda Bobby. Dalam adat Mandailing dan Batak, dia disebut tulang atau paman.

Muhammad Bobby Afif Nasution dan Kahiyang Ayu akan menjalani rangkaian prosesi adat kedua, yaitu Mangalehan Marga atau pemberian marga kepada Kahiyang.

Sidang dipimpin oleh Pandapotan Nasution bergelar Patuan Kumala Pandapotan, berasal dari Pidoli Lombang, Mandailing, yang disebut Raja Panusunan. Tampak hadir puluhan tetua adat, raja-raja adat, dan tokoh-tokoh adat.

Baca: VIDEO Awalnya Mak Bunga Tak Mengaku Buang Bayi itu. Ini keterangan dari Polisi

Baca: 4 Pria Beristri yang Pernah Direbut Jennifer Dunn. Nomor 3, Tajir Abis

Baca: Mendiang Laila Sari Meninggalkan Satu Wasiat: Jangan Jual Rumah

Mereka membahas marga yang akan diberikan untuk Kahiyang karena dalam adat Mandailing, apabila seorang mempelai wanita belum mempunyai marga maka salah satu acara penting yang harus dilaksanakan adalah pemberian marga kepadanya.

Afifudin Lubis yang bergelar Mangaraja Ihutan Soripada, salah seorang tetua adat, menjelaskan, ada beberapa alasan pemberian margatersebut, yaitu untuk menjelaskan keturunan, perkawinan antar-etnik, pengabdian dan jasa, serta penghormatan atau penghargaan.

"Alasan yang paling tepat pemberian marga untuk Kahiyang adalah karena perkawinan antar-etnik. Kahiyang diberi marga Siregar karena ini marga ibunya Bobby yang dipanggilnya namboru atau ibu mertua. Agar jelas kedudukan Kahiyang dalam lembaga adat Dalian Na Tolu dan martutur," kata Afifudin, Selasa (21/11/2017).

"Itulah kenapa acara pemberian marga ini diadakan di rumah Doli Sinomba Siregar, tulangnya Bobby. Inti acara ini, keluarga Bobby memohon kepada keluarga Ibu Bobby agar berkenan memberi marga Siregar kepada Kahiyang," sambung dia.

Halaman
123
Editor: Abd Rahman Mawazi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved