Ingin Umrah Atau Haji? Ingat! Kini Tak Boleh lagi Selfie di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Para pengunjung dilarang mengambil foto dan video menggunakan perangkat apapun untuk tujuan apapun di dua masjid tersuci tersebuit.

Ingin Umrah Atau Haji? Ingat! Kini Tak Boleh lagi Selfie di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi
dawn.com
Selfie di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi kini dilarang 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Pemerintah Arab Saudi membuat aturan baru bagi jamaah umrah atau haji yang datang ke negara itu.

Aturan itu adalah larangan untuk berfoto-foto selfie di dua masjid agung di negara itu, yakni Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Medinah yang disebut juga Masjid Nabi.

Para pengunjung dilarang mengambil foto dan video menggunakan perangkat apapun untuk tujuan apapun di dua masjid tersuci tersebuit.

Larangan tersebut diberlakukan Kementerian Luar Negeri Arab Saudi sejak 12 November lalu, seperti diberitakan media Turki, Sabah.

Ternyata, informasi tersebut juga sudah diketahui oleh Indonesia karena kemenlu Saudi sudah menyampaikan informasi itu kepada kedubes RI di Riyadh pada 15 November lalu, demikian dilansir The Jakarta Post, Sabtu (25/11/2017),

Pihak berwenang Saudi menyatakan bahwa aturan tersebut diberlakukan untuk melindungi dan melestarikan situs suci dan mencegah gangguan terhadap jemaah yang melakukan ibadah di tempat tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir, terutama sejak selfie menjadi gaya hidup, banyak jemaah umrah dan haji melakukan selfie dan kemudian mengunggahnya di media sosial.

Beberapa bahkan berpose berkelompok, membawa spanduk atau bendera negara masing-masing di halaman kedua masjid tersebut.

Para uilama setempat kemudian mengkritik bahwa tindakan tersebut telah mengurangi intisari ibadah ke Tanah Suci.

"Dalam kasus pelanggaran larangan tersebut, petugas keamanan telah diinstruksikan untuk menyita foto dan kamera jika diperlukan," demikian bunyi pernyataan tersebut.

Aturan ini telah disebarluaskan kepada berbagai negara untuk disampaikan pada operator tur haji dan umrah di negara masing-masing.

Sumber: The Jakarta Post

Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved