Terkait CPNS yang Ditolak Pemko Batam dan Menang di Pengadilan, Begini Kata Bagian Kepegawaian

Syahir mengatakan pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan Amelia Lingga Rizky yang didampingi orangtuanya dan kuasa hukum.

Terkait CPNS yang Ditolak Pemko Batam dan Menang di Pengadilan, Begini Kata Bagian Kepegawaian
tribunbatam/dewi haryati
Sahir, Kepala BKD Batam 

TRIBUNBATAM.id, BATAM – Penolakan permohonan Kasasi Walikota Batam dan Kepala Kantor Regional XII BKN oleh Mahkamah Konstitusi membuat Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Pemko Batam menggelar pertemuan internal.

Permohonan kasasi itu terkait perkara perkara tidak dikeluarkan NIP dan tidak diakuinya Amelia Lingga Rizky sebagai CPNS Pemko Batam. Amelia Lingga Rizky adalah peserta CPNS yang dinyatakan lolos tetapi namanya tidak terdapat dalam surat keputusan pengangkatan serta tidak memiliki Nomor Induk Pegawai (NIP).

Saat melakukan pertemuan yang dipimpin kepala BKPSDM, M Syhair, tiba-tiba Amelia Lingga Rizky didampingi orangtuanga dan Penasihat Hukum (PH) Zakis Syamsil Bahya datang untuk mempertanyakan tindaklanjut atas putusan MA dengan nomor 23 K/TUN/2017 itu. 

Kepala BKPSDM Pemko Batam, M. Syahir mengatakan terkait putusan MA yang menolak kasasi Walikota Batam dan Kepala Kantor Regional XII BKN, pihaknya akan lakukan verfikasi ulang data-data yang selanjutnya diajukan ke Kantor Regional XII BKN di Pekanbaru. 

Selanjutnya, akan menunggu putusan selanjutnya terkait status Amelia Lingga Rizky. 

"Ya mudah-mudahan secepatnya teralisasi sesuai dengan putusan MA itu. Kita akan kirim ulang verifikasi ke Kantor Regional XII BKN sesuai dengan perintah MA dalam amar putusan," katanya. 

Syahir mengatakan pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan Amelia Lingga Rizky yang didampingi orangtuanya dan kuasa hukum. 

"Intinya kita mau secepatnya di selesaikan sesuai putusan MA. Kita tidak mau banyak mengomentari putusa MA itu. Yang penting sekarang kita akan lakukan verfikasi data Amelia Lingga Rizky secepatnya," katanya. 

Sebelumnya, kasus ini bermula saat Pemerintah Kota (Pemko) Batam mengumumkan hasil ujian CPNS yang menyatakan Amelia Lingga Rizky dinyatakan lulus. 

Dalam pengumuman hasil seleksi CPNS berdasarkan surat keputusan Walikota Batam nomor KPTS.238/BKD-PK/XII/2014 tertanggal 22 Desember 2014, bahwa sebelum masuk kantor pada 5 Agustus 2015 terlebih dahulu mengikuti tes gangguan jiwa di RSUD Embung Fatimah.

Berdasarkan hal tersebut tentunya membuat Amelia Lingga Rizky tidak ada masalah lagi untuk di terima sebagai PNS. 

Pada 5 Agustus 2015 Amelia Lingga Rizky masuk ke Kantor Walikota Batam di tolak dengan alasan karena tidak ada NIP. Sementara Amelia Lingga Rizky tidak mengetahui alasan tidak diterbitkan SK CPNS

Kasus ini pun langsung bergulir ke PTUN Tanjungpinang dan gugatan Amelia Lingga Rizky di terima. Kemudian Kepala Kantor Regional XII BKN dan Walikota Batam ajukan banding ke PT TUN Medan. Namun, PT TUN Medan menguatkan putsan PTUN Tanjungpinang.  

Merasa belum puas dengan hasil TUN Medan, gugatan kasasi langsung di layangkan ke Makamah Agung dan putusannya kembali menguatkan putusan PT TUN Medan. (bur)

Penulis: Zabur Anjasfianto
Editor: Abd Rahman Mawazi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved