ANAMBAS TERKINI

Rancangan APBD 2018 Anambas Naik Rp 59 Miliar. Asumsi Pendapatan Rp781 Miliar

Kondisi ini diutarakan Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris saat menyampaikan nota keuangan R-APBD tahun 2018

Rancangan APBD 2018 Anambas Naik Rp 59 Miliar. Asumsi Pendapatan Rp781 Miliar
tribunbatam/septyan mulia rohman
Bupati Anambas Abdul Haris 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - ‎Rancangan APBD tahun 2018 masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, bergantung besaran dana transfer Pemerintah Pusat.

Kondisi ini diutarakan Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris saat menyampaikan nota keuangan R-APBD tahun 2018 di ruang paripurna DPRD Anambas Senin (27/11/2017).

Transfer dana dari pusat ini pula, yang diakuinya cukup berdampak pada situasi perekonomian nasional mulai dari target penerimaan pajak nasional, hingga harga minyak dunia yang dikabarkan mengalami fluktuasi.‎

"‎Alokasi pendapatan masih bergantung dari dana transfer pemerintah pusat, seperti tahun-tahun sebelumnya. Kondisi ini, cukup dipengaruhi situasi perekonomian nasional," ujarnya.

Baca: Tergiur Upah Rp 15 Juta, Mantan TKI Ini Nekat Bawa Sabu 401 Gram. Disembunyikan di Sepatu

Baca: Beredar Kabar Alexis Ganti Nama Menjadi 4Play. Sandiaga Uno: Serius?

Baca: NGERI WAK! Dikira Keracunan, Dokter Malah Temukan 263 Koin dan 100 Paku di Perut Pria Ini. Kok Bisa?

Haris mengklaim, meski situasi perekonomian nasional cenderung dinamis, namun hal ini tidak berdampak signifikan terhadap Rancangan APBD Kabupaten Kepulauan Anambas, khususnya pada total asumsi penerimaan pendapatan di tahun anggaran 2018.

Meski dalam substansi ringkasan R- APBD ‎2018, cenderung mengalami kenaikan mencapai Rp 59 miliar lebih dibandingkan dengan APBD murni 2017.

Namun target penerimaan pada dana perimbangan cenderung menurun 1,18 persen atau hanya ditarget Rp 644 miliar dibandingkan pada APBD murni tahun 2017.

"‎Penurunan tersebut tidak berdampak signifikan terhadap APBD Anambas. Selain terdapat Sisa lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa), terdapat tunda bayar dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang cenderung mengalami kenaikan," katanya.

Haris pun merincikan estimasi total asumsi pendapatan pada R-APBD 2018 yang mencapai Rp 781 miliar lebih yang beberapa di antaranya meliputi PAD yang keseluruhan naik hingga Rp 11 miliar lebih, dana perimbangan, Dana Alokasi Umum (DAU) yang ditarget mencapai Rp 8 miliar lebih, serta DAK mencapai Rp 109 miliar lebih.(*)

* Baca berita terkait di Harian TRIBUN BATAM edisi Selasa, 28 November 2017

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: nandarson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help