Urus Paspor tak Perlu Antre di Kantor Imigrasi, Gunakan Aplikasi Antrian Paspor

Upaya yang dilakukan dengan aplikasi paspor online, untuk memberikan pelayanan tanpa menunggu antrean di Kantor Imigrasi.

Urus Paspor tak Perlu Antre di Kantor Imigrasi, Gunakan Aplikasi Antrian Paspor
Benner aplikasi antrian paspor di Kantor Imigrasi Belakangpadang. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM- Untuk meningkatkan pelayanan publik, Kantor Imigrasi Kelas II Belakangpadang, Batam, mengenalkan aplikasi antrian paspor yang bisa diunggah di play store.

Tidak hanya itu, untuk pembayaran biaya pembuatan paspor bisa melalui bank dan kantor pos.

Menurut Charaghita Probo Yuantoro, Kasi Lantaskim Kantor Imigrasi Kelas II Belakangpadang, dengan sistem online menggunakan aplikasi antrean paspor, masyarakat atau pemohon tidak perlu lagi antre.

"Dengan kemudahan ini, masyatakat atau pemohon tidak repot lagi harus menunggu dari pagi untuk mengambil nomor antre. Cukup dengan aplikasi play store sudah dipermudah," katanya, Selasa (28/11/2017)

Menurutnya, upaya yang dilakukan dengan aplikasi paspor online, untuk memberikan pelayanan tanpa menunggu antrean di Kantor Imigrasi.

Baca: Urus Paspor Tak Perlu Antre dan Bolak-balik Lagi ke Kantor Imigrasi Tanjungpinang. Begini Caranya

"Semua yang dilakukan ini, untuk meningkatkan pelayanan permohononan paspor pada masyarakat atau pemohon dengan berpegang pada prinsip efektif, efisiensi dan transparan," katanya.

Dia mengatakan, penerapan aplikasi online antrean paspor, merupakan imbauan langsung dari Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

Ini untuk mencegah percaloan dan pungli serta antrean panjang bagi pemohon paspor di Kantor Imigrasi.

"Melalui aplikasi ini, pemohon akan diberikan informasi mengenai hari dan waktu serta jadwal giliran permohonan paspor secara jelas. Sehingga pemohon tidak terlalu lama menunggu antrean dan bisa lebih leluasa memanfaatkan waktu yang ada," katanya.

Selain itu, untuk mempermudah pembayaran biaya pembuatan paspor bisa dilakukan langsung dengan mendatangi bank yang sudah bekerjasama seperti, BRI, BNI, Mandiri, BCA dan bank lainnya. Serta bisa melalui kantor Pos. (*)

Penulis: Zabur Anjasfianto
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved