Mellennial

Clay Mask, Solusi Usir Jerawat dan Kulit Mati

Clay mask atau masker lumpur diketahui baik untuk menyejukan, mengecilkan pori-pori, hingga merelaksasikan wajah.

Clay Mask, Solusi Usir Jerawat dan Kulit Mati
TRIBUNBATAM/ANDRIANI

TREN kecantikan yang tidak bisa ditinggalkan adalah clay mask. Clay Mask termasuk salah satu item kecantikan yang tengah booming untuk saat ini.

Bahkan banyak brand kecantikan yang membuat clay mask dalam salah satu produk kecantikannya.

Clay mask atau masker lumpur diketahui baik untuk menyejukan, mengecilkan pori-pori, hingga merelaksasikan wajah. Bahkan ada pula clay mask yang bertujuan hingga mencegah penuaan dini.

Pada dasarnya clay mask bisa memberikan nutrisi pada kulit walaupun tidak menyerap sampai ke dasar kulit. Tetapi setidaknya, saat muka dimasker, tentu kulit mati akan terangkat, mendetoks wajah, hingga membersihkan pori-pori wajah. Oleh karena itu, melakukan clay mask juga setidaknya tidak setiap hari.

"Kalau kita sudah mengetahui jenis kulit gimana, ada baiknya kita home made saja di rumah. Atau bisa juga dicampurkan dengan bubuk clay mask, tapi usahakan pilih clay mask yang sudah terdapat BP-POM," kata dr Gita Puspita , Dokter kecantikan di rumah sakit Awal Bros.

Baca: Komik, Hindari Foto dengan Pose Vulgar

Baca: Minuman Ini Segar Manis Beraroma Daun Pisang. Dapatkan Resepnya di Sini!

Baca: Messy Hairstyle, Jurus Ampuh Tampil Sempurna dalam Sekejap

Baca: Nonton Drama Korea Tak Melulu Buang Waktu. Ini Dia 8 Manfaat Positifnya

Sebelum mencampurkan bahan-bahan sesuai jenis kulit, pahami dulu jika clay memiliki berbagai macam jenis.

Seperti pink clay, green clay, red clay, montmorillonite clay, bentonite clay, dan masih banyak lagi. Biasanya clay disediakan dalam bentuk bubuk.

Bagi pemilik kulit sensitif, kamu bisa menggunakan pink clay. Bahannya cukup lembut untuk kulit sensitif dan tidak terlalu mengeringkan untuk kulit kering. Kamu bisa campurkan dengan healing agent, yang dapat menenangkan kulit sensitif sekaligus menghidrasi. Tambahan bisa kamu gunakan chamomile hydrosol.

Untuk kulit berminyak, hampir semua resep clay mask bisa digunakan. Tapi yang paling umum dan terbukti ampuh adalah white clay. Untuk pelarutnya, bisa menggunakan air matang. Untuk tambahan, bisa gunakan activated charcoal.

Dan untuk kulit berjerawat, kamu bisa aplikasikan green clay, yang baik untuk mengecilkan pori-pori dan mengatasi berbagai masalah kulit. Agar maksimal, tambahkan minyak esensial dari teh. (*)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved