220 Ribu PNS akan Pensiun, Pemerintah Butuh 110 Ribu Pegawai Baru. Ini 2 Bidang yang Paling Urgen

Lebih kurang 110 ribu CPNS dibutuhkan untuk sejumlah formasi yang dibuka, baik di tingkat kementerian, lembaga maupun daerah.

220 Ribu PNS akan Pensiun, Pemerintah Butuh 110 Ribu Pegawai Baru. Ini 2 Bidang yang Paling Urgen
tribunbatam.id/IST
Menteri Pembedayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur dan Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat menjadi keynote speaker dalam seminar Transformasi Manajemen PNS pasca elaksanaan UU nomor 5 tahun 2014 dan UU nomor 23 tahun 2014 serta penerapan PP nomor 18 tahun 2016 dan PP nomor 11 tahun 2017 di hotel Aston Tanjungpinang, Selasa (28/11). 

TRIBUNBATAM.id, BATAM- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) RI membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk 2018 mendatang.

Lebih kurang 110 ribu CPNS dibutuhkan untuk sejumlah formasi yang dibuka, baik di tingkat kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah.

Paling banyak yang dibutuhkan adalah tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan.

Menteri PAN RB, Asman Abnur mengatakan, jumlah PNS yang pensiun secara nasional tahun depan cukup banyak. Jumlahnya 220 ribu.

"Jadi CPNS yang akan diterima sekitar 50 persen dari jumlah yang pensiun," kata Asman, usai menghadiri pengukuhan pengurus DPD Ikatan Alumi Universitas Andalas (Unand) Provinsi Kepri 2017-2022 di Goodway Hotel, Batam.

Baca: SIAP-SIAP Tahun Depan Tes CPNS Kembali Dibuka, Begitu Selesai Ujian Nilainya Langsung Kelihatan

Baca: Tahun Depan Tes CPNS Daerah Dibuka, Bagaimana Nasip Honorer K2? Ini Penjelasan Menpan RB

Soal berapa jumlah kementerian, dan lembaga, termasuk formasi CPNS yang dibutuhkan di masing-masing bidang akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

Sebab saat ini dari pemerintah juga masih melakukan penghitungan untuk itu.

"Tapi yang jelas kami sudah buka pendaftaran untuk 61 kementerian dan lembaga. Diikuti 2,6 juta peserta, tapi yang diterima hanya 37 ribu," ujar laki-laki yang juga Ketua Umum Ikatan Alumni Unand itu.

Untuk CPNS di daerah, diakui Asman saat ini sudah ada beberapa Pemerintah Daerah yang mengajukan kebutuhan CPNS-nya untuk tahun depan. Namun ada juga yang belum.

Khusus Batam sendiri, diakuinya sudah mengajukan.

"Batam sudah, tapi kita lihat lagi nanti kebutuhan apa yang menjadi konsentrasi pembangunan di sini," kata Asman.(*)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help