Angka Cerita

Terungkap! Inilah 5 Makanan Tertua di Dunia! Nomor 1 Paling Mengejutkan!

Terungkap! Inilah 5 Makanan Tertua di Dunia! Nomor 1 Paling Mengejutkan!

Terungkap! Inilah 5 Makanan Tertua di Dunia! Nomor 1 Paling Mengejutkan!
mentalfloss.com
Mie Tertua di Dunia 

TRIBUNBATAM.ID-Makanan dan minuman ini usianya tua sekali. Umurnya mencapai ribuan! Wah, apa tidak kedaluwarsa? Tentu saja tidak, karena makanan dan minuman ini sudah berupa artefak.

Para arkeolog menemukannya di seluruh belahan dunia. Kira-kira apa saja, ya, makanan dan minuman itu?

Baca: Inilah Legenda Asal Mula Empat Musim di Dunia! Bu Guru Bisa Ceritakan ke Murid-muridnya!

Baca: Terungkap! Inilah Rahasia Misteri Warna Kulit dan Rambut di Dunia! Mengejutkan Sejarahnya!

Baca: Jangan Panik! Lakukan Ini Saat Ada Orang Pingsan di Dekat Anda! Nomor 5 Bikin Penasaran!

1. Sup Tulang

Saat akan membuat bandara baru di perkuburan dekat Xian, para pekerja di Tiongkok menemukan wadah masaknya. Di dalamnya, terdapat cairan sup lengkap dengan tulangnya. Warnanya sudah berubah menjadi hijau karena proses oksidasi. Para arkeolog menduga bahwa sup tulang ini sudah berusia 2.400 tahun.

2. Mentega

Dulu, orang Irlandia menyimpan mentega dengan merendamnya di dalam lumpur. Pada tahun 2009, hal ini terbukti kebenarannya. Para arkeolog menemukan wadah yang penuh berisi mentega. Mentega tersebut sudah berubah warna menjadi putih. Teksturnya juga berubah menjadi seperti lilin. Diduga, umur mentega Irlandia ini sudah mencapai 3.000 tahun.

3. Mie

Tahun 2002, para arkeolog menemukan sebuah mangkuk tembikar dengan posisi terbalik di Cina. Ternyata, di dalamnya terdapat mie tertua sepanjang sejarah! Mie ini disimpan di dalam mangkuk tertutup dan terkubur sedalam 3 meter. Mie ini sudah berumur 4.000 tahun.

4. Roti

Artefak roti ini ditemukan di Oxfordshire, Inggris. Awalnya tidak ada yang menyangka bahwa ini adalah makanan, karena bentuknya yang lebih mirip arang. Tetapi setelah diperiksa, ditemukan kandungan gandum di dalamnya. Roti ini memiliki usia 5.500 tahun. diduga, ini merupakan roti buatan dari penduduk pertama yang tinggal di Inggris.

5. Wine

Di sebuah gua terpencil di Armenia, ditemukan wine atau minuman anggur tertua. Para arkeolog menemukan tabung fermentasi anggur, cangkir, beserta mangkuknya. Ini merupakan contoh lengkap dari produksi anggur paling awal. Umur minuman ini sudah mencapai 6.100 tahun. lo! Wah, tua sekali, ya! (bobo.grid.id)

Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved