PENTING! Beredar Isu Pemadaman Listrik di Batam 4 Hari, Ini Pernyataan Resmi Bright PLN

Belakangan ini beredar informasi bahwa akan ada pemadaman bergilir selama empat hari di Batam. Hal itu langsung di tanggapi Bright PLN Batam.

PENTING! Beredar Isu Pemadaman Listrik di Batam 4 Hari, Ini Pernyataan Resmi Bright PLN
TRIBUN BATAM/EFENDI WARDOYO
Kantor Bright PLN Batam 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Belakangan ini beredar informasi bahwa akan ada pemadaman bergilir selama empat hari di Batam.

Hal itu langsung di tanggapi Bright PLN Batam.

Manager of Public Relation Bright PLN Batam, Bukti Panggabean mengatakan bahwa informasi mengenai pemadaman bergilir selama empat hari di Batam adalah hoax (palsu). 

“Hingga saat ini, secara umum pasokan listrik untuk Batam sangat aman dan tidak ada kendala termasuk untuk kesiapan sistem. Di Desember 2017 ini bahwa PLN Batam sudah mempersiapkan sistem dan pembangkit, kecuali hal-hal diluar kendali kita," kata Bukti.

Secara umum, listrik padam dapat disebabkan karena dua hal, yaitu pemadaman yang terencana dan pemadaman tidak terencana.

“Pemadaman Terencana adalah pemadaman yang diakibatkan adanya kegiatan yang telah direncanakan oleh PLN yang mengharuskan terhentinya aliran listrik PLN ke Pelanggan. Adapun pekerjaan ini dilakukan dalam rangka penambahan peralatan jaringan akibat pertumbuhan perumahan dan industri yang meningkat setiap tahunnya dan juga melaksanakan maintenance (pemeliharaan) terhadap  kurang lebih 1200 gardu listrik PLN Batam yang tersebar diseluruh wilayah kerja," ujarnya. 

"Dengan pelaksanaan maintenance dan ditambahnya jaringan ini keandalan listrik lebih terjaga dan beban terpecah sehingga mencegah terjadinya kelebihan beban atau overload," kata Bukti. 

Menurutnya, pemadaman terencana juga dilakukan untuk Pemeliharaan (preventive maintenance) pembangkit, penggantian kabel konduktor (rekonduktoring) transmisi 150 KV, jaringan dan gardu yang sudah dijadwalkan sebelumnya.

"Tujuan pemeliharaan ini adalah untuk menjaga keandalan agar tidak terjadi kerusakan yang lebih fatal," ujarnya. 

Selain pekerjaan yang bersifat teknis ada juga pekerjaan pemeliharaan, seperti pemangkasan pohon di dekat jaringan dan pembersihan gardu yang juga mengharuskan dilakukan pemadaman demi keamanan pekerjaan dan petugas PLN. 

Halaman
12
Penulis: Zabur Anjasfianto
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved