TribunBatam/

WADUH Kemacetan Jabodetabek Sudah Bikin Rugi Rp 100 Triliun. Begini Perhitungannya

Untuk mengurangi kerugian, Kementerian Perhubungan, pemerintah daerah, dan pihak terkait lain telah mempersiapkan berbagai terobosan.

WADUH Kemacetan Jabodetabek Sudah Bikin Rugi Rp 100 Triliun. Begini Perhitungannya
tribunnews
Kemacetan Jakarta

TRIBUNBATAM.ID, JAKARTA — Kerugian akibat kemacetan lalu lintas setiap tahun terus meningkat.

Data Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional menunjukkan, tahun ini kerugian mencapai Rp 100 triliun di Jabodetabek (Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi), sementara di Jakarta sendiri Rp 67, 5 triliun.

Demikian disampaikan Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono dalam diskusi di Jakarta, Minggu (3/12/2017).

Dia mengatakan, untuk mengurangi kerugian yang tidak harus terjadi tersebut, pihaknya, Kementerian Perhubungan, pemerintah daerah, dan pihak terkait lain telah mempersiapkan berbagai terobosan dan harus dilaksanakan secepatnya.

"Berbagai terobosan yang dipersiapkan tersebut telah dan terus dikomunikasikan oleh BPTJ dengan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta dan kepala daerah di Bodetabek," katanya.

Baca: Jokowi Pilih Marsekal Hadi Tjahjanto Gantikan Panglima TNI Gatot. Inilah 5 Fakta Tentangnya

Dia menyebutkan, BPTJ dan Pemprov DKI akan terus berkoordinasi menindaklanjuti program peningkatan layanan angkutan umum dan penanggulangan kemacetan di DKI Jakarta dalam lingkup penanganan se-Jabodetabek.

Bambang mengatakan, permasalahan transportasi Jabodetabek saat ini dengan kondisi tingkat kemacetan yang sangat tinggi.

Rasio volume kendaraan dibandingkan dengan kapasitas jalan sudah mendekati 1 atau dengan kata lain sudah macet dan perlu penanganan.

Kedua, sepeda motor di jalan semakin dominan, sementara peran angkutan umum masih rendah.

Halaman
12
Editor: Sri Murni
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help