mellennial

Penting! Cek Kondisi Rahim Sebelum Nikah

Kesehatan reproduksi itu berhubungan dengan kesejahteraan fisik, mental, dan sosial secara utuh tanpa ada penyakit

Penting! Cek Kondisi Rahim Sebelum Nikah
ISTIMEWA

MENDENGAR kata dokter kandungan, yang terlintas dalam pikiran biasanya adalah seputar kehamilan, kelahiran dan hal-hal yang berkaitan dengan program kehamilan.

Padahal bertemu dokter kandungan sebelum menikah juga penting lho bagi kaum perempuan. Karena, pemeriksaan kondisi rahim semestinya dilakukan sedini mungkin.

"Sebenarnya pemeriksaan sudah bisa dilakukan sejak wanita mengalami menstruasi untuk pertama kalinya. Ini untuk melihat apakah di rahim terdapat gangguan pada reproduksi ataupun gangguan pada haid," kata dr Gina Rotty SpOG selaku dokter spesialis rahim dan kandungan di rumah sakit Awal Bros Batam.

Check up ke dokter kandungan di saat belum menikah sangat baik untuk melihat kondisi di dalam rahim. Apakah terdapat kista ovarium, tumor pada rahim atau penyakit menular seksual lainnya.

Berdasarkan penjelasan dr Gina, bahwa 15-20 persen rata-rata wanita di dunia mengidap kista ovarium. Sedangkan tumor pada rahim yaitu tumor jinak (miom) bisa mencapai 20 persen. Bahkan satu dari empat wanita berisiko terkena miom.

Mellennial-grafis haid
(TRIBUNBATAM/GANJAR WITRIANA)

Saat usia 17 tahun, ada loh di antara remaja yang belum haid. Nah, kamu jangan ragu loh guys buat ke dokter kandungan. Karena ada baiknya dicek, karena ditakutkan kamu tidak memiliki lubang vagina.

"Kadang ada kesalahan juga yang diabaikan sama wanita yang belum menikah. Keputihan yang tidak normal, secara dini harus diobati. Karena keputihan saja ada yang secara fisiologi dan patologi. Fisiologi itu normal, patologi yang tidak normal," kata dr Gina.

Baca: Ingin Nikmati Keindahan Sunset di Batam? Coba Kunjungi Resort Ini

Baca: Pakai Premiere Pro, Edit Video Jadi Lebih Mudah

Baca: Rahasia Sukses Buka Usaha Bagi Kawula Muda. Intip Triknya di Sini

Baca: Ingin Tampil Gaya ala Seleb Korea, Begini Caranya!

Kesehatan reproduksi sudah seharusnya harus disadarkan mulai sekarang. Kesehatan reproduksi itu berhubungan dengan kesejahteraan fisik, mental, dan sosial secara utuh tanpa ada kecacatan dan penyakit. 

"Dari usia sembilan tahun sebenarnya sudah bisa kalau mau check up. Dari usia segitu sudah bisa diberikan vaksinasi kanker mulut rahim. Tapi usia 20 juga tidak masalah. Ini penting sebelum akhirnya menikah, untuk antisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi," kata dr Gina. (*)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help