Mustika Rasa

Abon Daging Ayam Pedas, Cocok Disandingkan Nasi Hangat

Abon bahkan sering menjadi pilihan orang tua untuk lauk anak-anak. Selain bisa dibuat lauk, abon bahkan dijadikan camilan

Abon Daging Ayam Pedas, Cocok Disandingkan Nasi Hangat
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

ABON tentu sudah tidak asing bagi kita. Saat mendengar kata abon, tentu terpikirkan daging-daging halus yang kering, punya rasa gurih, dan biasanya ada di kue bahkan menjadi lauk saat ditemani dengan nasi.

Bahan dasar abon yang bisa diterima semua kalangan dan umur adalah abon yang terbuat dari daging ayam.

Abon bahkan sering menjadi pilihan orang tua untuk lauk anak-anak. Selain bisa dibuat lauk, abon bahkan dijadikan camilan.

"Abon itu enaknya saat bercampur dengan berbagai rempah-rempah. Selain itu, bentuk abonnya juga kering. Jadi bisa tahan lama, untuk bisa terlihat berserat maka ditumbuk-tumbuk, bukan diblender," kata Purwati, pemilik usaha abon Empon-Empon di Batam.

Abon tidak hanya bisa dibuat dari daging ayam, tapi juga bisa dibuat dari daging sapi atau daging ikan. Rasa gurih dan manis bisa didapat dari gula merah, dan rempah-rempah yang digunakan. Untuk membuat sedikit pedas, bisa ditambah dengan cabai sesuai selera.

"Abon yang tanpa pengawet itu bisa tahan selama satu tahun jika disimpan di dalam kulkas. Jika disimpan di ruang terbuka bisa sebulan, dua bulan juga," kata Purwanti.

Baca: SIMAK! Rahasia Membuat Nasi Goreng Jawa Gurih dan Lezat

Baca: Pernah Makan Mie Warna Ungu Atau Hijau? Begini Cara Membuatnya!

Baca: Sate Bebek Kekinian di Batam Ini Rasanya Gurih dan Empuk. Contek Resepnya di Sini

Baca: Rasanya Crunchy Tapi Lumer di Mulut. Dapatkan Resep Brownies Kering di Sini

Abon ayam yang ingin terasa pedas bisa menggunakan cabai jawa, agar lebih terasa pedasnya. Perlu pula diperhatikan pula jika menggunakan cabai ini, karena rasa pedas akan terasa saat abon sudah berada di kerongkongan.

Makan dengan abon sangat terasa nikmat dengan nasi yang masih hangat. Selain rasa pedas, ada rasa manis dan gurih.

"Kalau mau buat abon yang enak itu gunakan cara tradisional, seperti tumbuk cabe dengan bawang, menyaring abon yang sudah digoreng, cara mengeringkannya. Tidak menggunakan apapun selain ditunggu sampai benar-benar kering," kata Purwati. (*)

Resep Abon Daging Ayam Pedas
Bahan:
1 kg daging ayam tanpa kulit dan tulang
200 gram bawang merah
100 gram bawang putih
250 gram cabai merah (opsional)
30 gram gula merah
1 sdm air asam jawa
100 gram gula pasir
1/2 ruas jahe
1 ruas lengkuas
2 liter minyak makan
Garam secukupnya

Cara Membuatnya:
1. Ayam direbus terlebih dahulu bersama daun serai, daun salam, dan daun jeruk selama 15 menit. Angkat, sisihkan, dan suir-suir daging ayam.
2. Haluskan semua bumbu lalu campur dengan ayam yang sudah disuir. Diamkan diamkan selama 30 menit, agar bumbu lebih meresap.
3. Goreng suiran daging ayam yang sudah dibumbui selama kurang lebih 1,5 jam. (*)

Tags
abon
resep
Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help