Liga Spanyol

Demi Anda Penonton Asia, El Clasico Real Madrid vs Barcelona Digelar Siang. Catat Jadwalnya!

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, pertandingan ke dua tim dilansungkan pada saat jam makan siang di negara matador tersebut.

Demi Anda Penonton Asia, El Clasico Real Madrid vs Barcelona Digelar Siang. Catat Jadwalnya!
Youtube

TRIBUNBATAM.id, MADRID - Tak ada pertandingan yang paling besar gaungnya selain El Clasico antara musuh bebuyutan Real Madrid melawan Barcelona.

Setiap dua tim raksasa Spanyol itu bertemu, sambutannya melebihi perayaan apapun di Spanyol. Begitu juga para penonon di seantero dunia.

Namun ada yang berbeda dalam El Clasico yang akan berlangsung pada Sabtu (23/12/2017) depan.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, pertandingan ke dua tim dilansungkan pada saat jam makan siang di negara matador tersebut.

Jika mengikuti waktu Indonesia Barat atau WIB, kick off dimulai pukul 19.00 WIB.

Hal itu dilakukan oleh federasi sepak bola Spanyol untuk memanjakan penonton Asia.

"Kami ingin memberikan kesempatan kepada penonton Asia untuk menyaksikan pertandingan Real Madrid dan Barcelona pada waktu yang lebih cepat,” kata Kepala Komunikasi La Liga, Joris Evers kepada AFP.

Evers mengatakan, dengan jadwal tersebut, potensi penonton bisa mencapai 650 juta orang di seluruh dunia dan jika tercapaui, merupakan rekor penonton terbanyak sepanjang sejarah La Liga.

La Liga mengucapkan terima kasih kepada manajemen ke dua klub karena mau menyepakati jadwal tersebut karena mereka juga sadar, jumlah penggemar Aisa mereka sangat banyak.

"Ia adalah cara paling cocok untuk promosi bagi ke dua tim di Asia,” kata Jose Maria Gay de Liebana, profesor ekonomi Universitas Barcelona yang juga pakar keuangan sepak bola Spanyol.

Menureut Lebiana, pendapatan klub tidak hanya dari hak siar televisi untuk pertandingan itu, tetapi juga memperbesar potensi penjualan jersey dan iklan bagi ke dua tim.

Tahun lalu, Barcelona menorehkan rekor kontrak penjuualan jersey sebesar 220 juta euro atau sekitar Rp 3,5 triliun lebih dengan perusahaan ritel Jepang, Rakuten.

Sementara itu, menurut kajian Nielsen Sports, saat El Clasico tahun lalu, nilai hak siar mencapai 42,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 5,8 triliun.

Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved