Generasi Baru Pesawat Supersonik Akan Kembali. Ini Penampakan dan Kemampuannya

Boom mengklaim pesawat supersonik rancangannya bisa terbang dengan kecepatan Mach 2,2, atau 10 persen lebih kencang dari Concorde.

Generasi Baru Pesawat Supersonik Akan Kembali. Ini Penampakan dan Kemampuannya
Wikipedia
Concorde, pesawat komersial tercepat di masanya karena sanggup menerbangi jarak New York-London hanya dalam waktu 3,5 jam. 

TRIBUNBATAM.id - Bulan Desember, 50 tahun yang lalu, prototipe pesawatjet supersonik Concorde dikenalkan untuk pertama kalinya di Toulouse, Perancis. Lebih tepatnya, prototipe Concorde muncul pada 11 Desember 1967.

Pesawat penumpang dengan kecepatan super cepat itu kemudian terbang perdana secara komersil pada 21 Januari 1976.

Dua maskapai, Air France dan British Airways menjadi operator pertama Concorde. Keduanya terbang perdana tepat pada pukul 11.40 pagi dari masing-masing kota.

Baca: ASTAGA. Tukang Bangunan di Pinang Suruh Murid SD Pegang Anu Lalu Dikasih Rp 2.000

Baca: Gaya Manja Peserta Indonesian Idol ini Buat Juri Klepek-klepek. Videonya pun Viral

Baca: Tak Disangka, Burung Semungil Ini Mampu Bikin Sarang Seberat Satu Ton Lebih

Maskapai British Airways menempuh penerbangan London-Bahrain, sementara maskapai Air France menempuh penerbangan Paris-Rio de Janeiro via Dakar di Senegal.

Namun setelah beroperasi selama 27 tahun, Concorde harus pensiun karena kendala operasional. Penerbangan komersil terakhir Air France dengan Concorde terjadi pada 27 Juni 2003.

Sementara British Airways memensiunkan Concorde pada 24 Oktober di tahun yang sama, setelah melakukan tur perpisahan. Era penerbangan supersonik pun berakhir kala itu.

Kini, 14 tahun setelah penerbangan terakhir Concorde, babak kedua penerbangan supersonik mulai disingkap. Dua proyek pesawat jet supersonik sedang dikembangkan, satu adalah proyek dari perusahaan rintisan Boom, dan yang kedua adalah proyek yang dikerjakan antara Lockheed Martin dan Aerion.

Halaman
1234
Editor: Abd Rahman Mawazi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help