WASPADALAH. Sudah Dua Kasus Difteri Ditemukan di Tanjungpinang

Sedangkan, satu pasen sebelumnya yang juga suspek difteri adalah orang dewasa. Saat ini sudah diizinkan rawat jalan dan dilakukan isolasi di rumahnya.

WASPADALAH. Sudah Dua Kasus Difteri Ditemukan di Tanjungpinang
TRIBUNBATAM/M IKHWAN
Petugas Kesehatan menyutikkan vaksin polio di paha bayi. Dinkes mulai memberlakukan pemberian vaksin polio suntik mulai 6 Desember 2016. TRIBUNBATAM/M IKHWAN 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG - Dua kasus difteri ditemukan di Kota Tanjungpinang, terbaru seorang anak usia empat tahun, suspek difteri. 

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang Rustam menjelaskan saat ini pasien suspek tersebut sedang dirawat di Rumah Sakit Umum Provinsi Kepri Raja Ahamad Tabib.

Para medis di RSUP Raja Ahamad Tabib juga melakukan tindakan isolasi untuk penanganan maksimal dan guna antisipasi penyebaran. 

Baca: Perda Perubahan RPJMD 2016-2021 Di Sahkan. Ini Harapan Gubernur Kepri untuk Pembangunan

Baca: Hari Ini, Jembatan Layang Laluan Madani di Simpang Jam Mulai Dibuka

Baca: Mengaku Gigolo, Lelaki ini Datang ke Batam untuk Puaskan Tamu Pria. Tarifnya Rp 5 Juta

Kenali Difteri
Kenali Difteri ()

"Terhadap anggota keluarga yang kontak erat, ayah, ibu, kakak dan nenek, sudah dilakukan pengambilan swab tenggorokan. Sempel swab sudah dikirim ke Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI," katanya, Rabu (20/12). 

Sedangkan, satu pasen sebelumnya yang juga suspek difteri adalah orang dewasa.

Saat ini sudah diizinkan rawat jalan dan dilakukan isolasi di rumahnya. 

Kemudian untuk mencegah penularan terhadap petugas yang berhadapan langsung dengan masyarakat tertular difteri, Dinkes Tanjungpinang telah melakukan vaksinasi kepada para petugas. 

Baca: Hari Ini Sebagian Besar Wilayah Kepri Cerah Berawan. Ada Hujan Lokal di Beberap Wilayah Ini

"Petugas yang kita prioritaskan adalah mereka yang bekerja di bagian ICU, UGD, Analis Laboratorium, Isolasi, THT dan anak," katanya. 

Jumlah petugas diimunisasi pada Rabu (20/12) hari ini sebanyak 120 orang yang bekerja di RSUP Kepri. Kemudian Kamis (21/12) juga akan dilakukan vaksinasi terhadap petugas yang bekerja di RSUD Kota Tanjungpinang dengan sasaran sekitar 150 orang. 

"Untuk yang suspek diberikan antibiotik untuk menekan jumlah virus dalam tubuh, kemudian memberikan zat kekebalan tubuh yakni Anti Difteri Serum," katanya. (iwn) 

Penulis: M Ikhwan
Editor: Abd Rahman Mawazi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved