Historia

Jangan Kaget! Beginilah Sejarah Posisi Setir Mobil di Sebelah Kanan dan Kiri di Indonesia!

Jangan Kaget! Beginilah Sejarah Posisi Setir Mobil di Sebelah Kanan dan Kiri!

Jangan Kaget! Beginilah Sejarah Posisi Setir Mobil di Sebelah Kanan dan Kiri di Indonesia!
pixabay
Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.ID-Letak setir mobil di sejumlah negara berbeda-beda. Seperti di Indonesia, jika teman-teman lihat, letak setirnya ada di sebelah kanan, sedangkan di negara lain ada yang letak setirnya di sebelah kiri.

Baca: Sejarah Permen Karet! Dulu Tidak Bisa Ditiup Jadi Gelembung, Mengejutkan Kisahnya!

Baca: Namanya Kumba! Inilah Kisah Hewan Kesayangan Penghuni Kayangan!

Baca: Terungkap! Inilah 5 Manfaat Tak Terduga Ikan Bilis buat Kesehatan! Nomor 3 Paling Mengejutkan!

Posisi setir di setiap negara disebut juga dengan left-driving countries dan right-driving countries. Kenapa bisa berbeda-beda, ya?

Left-Driving Countries Dan Right-Driving Countries

Standar negara yang menggunakan left-driving countries dalam lalu lintas adalah jalan kendaraannya menggunakan lajur kiri, sedangkan setir mobilnya berada di sebelah kanan. Negara yang menggunakan aturan ini yaitu Inggris, Australia, Jepang, Singapura, Malaysia, dan tentu saja negara kita Indonesia.

Sebaliknya, standar negara yang menggunakan right-driving countries dalam lalu lintas adalah jalan kendaraannya menggunakan lajur kanan dan letak setir mobilnya ada di sebelah kiri. Negara yang menerapkan aturan seperti ini yaitu Amerika, Tiongkok, dan mayoritas negara Eropa, kecuali negara Inggris.

Sejarah Letak Kemudi di Sebelah Kanan

Perbedaan ini ternyata dipengaruhi oleh sejarah pada zaman kerajaan. Dulu semasa perang, Ksatria di Kerajaan Inggris memiliki kebiasaan menggunakan kereta perang. Saat berperang, mereka beradu pedang dengan musuhnya yang berada di sebelah kanan.

Halaman
12
Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help