Dongeng Anak

Namanya Kumba! Inilah Kisah Hewan Kesayangan Penghuni Kayangan!

Namanya Kumba! Inilah Kisah Hewan Kesayangan Penghuni Kayangan! Pesan Moralnya Jangan Sia-siakan Kepercayaan!

Namanya Kumba! Inilah Kisah Hewan Kesayangan Penghuni Kayangan!
Dok. Majalah Bobo
Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.ID-Dahulu kala sapi merupakan binatang yang paling disayangi para dewa. Hidup mereka serba enak. Mereka tidak perlu menarik pedati, membajak sawah, atau dibunuh manusia karena dagingnya dijadikan lauk seperti sekarang.

Baca: Kisah Buah Maja! Buah Cikal Bakal Kerajaan Majapahit! Kisahnya Menginspirasi!

Baca: Inilah Legenda Asal Mula Empat Musim di Dunia! Bu Guru Bisa Ceritakan ke Murid-muridnya!

Sapi-sapi itu tinggal di sebuah padang rumput yang segar di pinggir hutan. Mereka minum dan bersantai di sebuah telaga yang terletak tak jauh dari situ.

Setiap hari seorang dewi jelita utusan dewa turun dari kahyangan. Dewi Starda namanya. Ia bertugas mengurus keperluan para sapi. Seusai melakukan tugasnya, Dewi Starda kembali ke kahyangan.

Suatu hari, Dewi Starda berpesan pada Kumba, salah seekor sapi, “Kumba, jika aku tak ada di sini dan teman-temanmu butuh bantuanku, panggillah aku. Melenguhlah sebanyak tiga kali. Aku akan segera datang ke sini.”

Kumba merasa bangga sekali. Karena dia dipilih dan dipercaya oleh Dewi Starda. Rasa bangganya semakin bertambah ketika Dewi itu berpesan lagi padanya,“Kamu kuberi keajaiban agar suaramu bisa kudengar dari kahyangan. Tetapi, ingatlah! Kau hanya boleh memanggilku kalau ada perkara yang penting sekali!”

“Terima kasih, Dewi. Saya akan selalu ingat pesan itu,” jawab Kumba.

Dewi Starda lalu terbang ke kahyangan. Sejak itu Kumba jadi perantara teman-temannya. la memanggil Dewi Starda bila ada temannya yang memerlukan bantuan sang Dewi.

Sayang, lama-lama sifat Kumba berubah. Dia menjadi sombong karena merasa menjadi yang paling diperlukan di situ. Itu menyebabkan dia tak bisa lagi membedakan masalah.

Halaman
1234
Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved