OPINI CITIZEN JOURNALISM

5 ( Lima ) Sila Dasar Hidup Bangsaku

Setelah reformasi, Pancasila lebih dipahami sebagai suatu ideologi terbuka dimana untuk memahaminya dibutuhkan pola pemikiran kreatif

5 ( Lima ) Sila Dasar Hidup Bangsaku
KOMPAS.com
Patung Garuda Pancasila 

Penulis: Bambang Wiji Asmoro

Dengan membaca judul di atas, pasti terlintas di benak para pembaca bahwa tulisan berikut pasti akan membahas tentang satu kata yaitu Pancasila yang mungkin akan langsung mendapat respons kurang semangat karena terkesan old school atau istilah anak muda jaman now(sekarang) “capee dehh..” dari rekan yang akan membaca tulisan ini.

Namun dalam tulisan ini penulis mencoba untuk memberikan suatu sudut pandang terhadap hal tersebut dengan harapan agar tidak terjadi persepsi yang salah terhadap dasar negara kita yaitu Pancasila.

Perkembangan bangsa dan kemajuan di berbagai bidang di Indonesia memang membawa dampak yang sangat positif pada kehidupan bangsa Indonesia, tetapi di sisi lain perkembangan yang ada juga membawa dampak negatif yang juga berpengaruh pada kehidupan berbangsa dan bernegara di negara ini.

Bambang Wiji Asmoro
Bambang Wiji Asmoro (ISTIMEWA)

Baca: Marlene Dietrich - Siapakah Dia? Perempuan Berambut Pirang Ini Tampil Jadi Sosok Google Doodle

Baca: Setelah Suami Meninggal. Ririn Ekawati Memilih Tidak Akan Menikah Lagi. Ini Alasannya

Di antaranya adalah beberapa konflik yang muncul karena permasalahan lahan, kebebasan demokrasi yang cenderung kebablasan, perseteruan yang bersifat SARA, dan hal-hal lain yang dapat mengganggu stabilitas keamanan di Indonesia.

Tentunya masyarakat tidak menginginkan hal-hal seperti itu terjadi dan untuk itu dibutuhkan suatu solusi yang tepat guna menyelesaikan berbagai permasalahan tersebut.

Jawaban dari itu semua adalah dasar negara kita yaitu Pancasila.

Penulis ingat saat menjalani masa sekolah SD – SMA pada sekitar tahun 80- 90an dimana pada masa itu, Pancasila merupakan makanan wajib tiap Senin untuk diucapkan pada saat upacara bendera rutin.

Halaman
123
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved