Pemkab Bintan Siap Tampung 500 Pengungsi Asing. Sekda: Ini Panggilan Kemanusiaan

Kami bangga dan haru atas kesediaan Pemkab Bintan untuk memberikan ruang bagi pengungsi. Bintan akan menjadi contoh bagi kabupaten/kota lain

Pemkab Bintan Siap Tampung 500 Pengungsi Asing. Sekda: Ini Panggilan Kemanusiaan
Suasana rapat kordinasi antara Pemkab Bintan dan Deputi Bidang Koordinasi Kamtibmas Kemenko Polhukam RI, membahas penampungan 500 pengungsi asing yang akan ditempatkan sementara di wilayah Bintan. 

Laporan Wartawan Tribun Batam Aminuddin, Bintan

TRIBUNBATAM.id, BINTAN - Sebanyak 500 warga negara asing (WNA) bakal datang ke Bintan.

Mereka bukan pencari kerja di negara ini, namun pengungsi yang selama ini telah ditampung di Aceh dan Medan, Sumatera Utara.

Rencana awal, ratusan pengungsi tersebut bakal ditempatkan sementara di Hotel Hermes, Km 25 Kawal, Kecamatan Toapaya, sebelum dipindahkan ke area penampungan khusus. 

Rencana menempatkan sementara ratusan pengungsi asing ini terungkap pada rapat koordinasi bersama Pemkab Bintan dengan Asisten Deputi Bidang Koordinasi Kamtibmas Kemenko Polhukam RI Brigjen Pol Chairul Anwar di Ruang Rapat 2 Kantor Bupati Bintan. 

Chairul mengaku bangga dan terharu atas komitmen Pemkab Bintan bersedia membuka pintu bagi para pengungsi asing.

Hal itu disampaikan Chairul usai rakor tersebut digelar.

"Kami bangga dan haru atas kesediaan Pemkab Bintan untuk memberikan ruang bagi para pengungsi tersebut. Bintan akan menjadi contoh bagi kabupaten/kota lain yang sudi membuka pintu bagi mereka. Perlu diketahui, ini memang terkait nilai-nilai kemanusiaan universal," kata Chairul.

Hingga Desember 2017, jumlah pengungsi yang berada di Indonesia berjumlah 15..000 jiwa, 10 persen dari mereka adalah anak anak.

Pengugsi asing tersebut rata rata adalah pencari suaka karena negara mereka dilanda konflik.

Halaman
12
Penulis: Aminnudin
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved