Mustika Rasa

Resep Membuat Nachos Gurih Bercitarasa Rempah Indonesia

Jika adonan dijemur dengan panas yang cukup dan lama, maka nachos akan semakin garing saat digoreng.

Resep Membuat Nachos Gurih Bercitarasa Rempah Indonesia
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

MEMBUAT sendiri camilan di rumah, tentu lebih terasa memuaskan dibandingkan membeli di luar. Selain sehat dan higienis karena kita tahu kualitas bahan-bahan dan proses pembuatannya, camilan home made juga bisa membuat kita berhemat.

Satu di antara cemilan yang bisa kamu buat di rumah adalah keripis nachos dengan telur asin atau nachos chips salted eggs. Rudi atau akrab disapa Om Borito inilah yang mengaplikasikan cemilan dari luar tetapi cita rasa Indonesia.

"Nachos itu cemilan asal Meksiko, kalau di Meksiko memang sudah membuat cemilan kayak keripik ini dengan rempah-rempah di Meksiko. Tapi nachos ini bisa kita bumbuin dengan rempah-rempah Indonesia," kata Om Borito, owner Om Borito Nachos Chips di Batam.

Baca: Ikan Asap Khas Anambas, Nikmat Dicampur Sambal Dabu-dabu

Baca: Lupis Pandan, Manis Gurih Beraroma Pandan

Baca: Pangsit Rendang Gonggong, Renyah Gurih Dicampur Bumbu Rendang

Snack ini terbilang cukup kekinian, karena nachos sering menjadi pilihan untuk cemilan. Dan telur asin juga sering menjadi bahan campuran dalam beberapa makanan.

Telur asin mempunyai rasa gurih tapi sedikit asin. Citarasa ini membuat para penikmatnya tak merasa bosan saat menyantapnya. Saat berpadu nachos yang crispy, rasanya sungguh enak untuk dinikmati.

"Bumbunya sederhana saja dan mudah didapat. Dengan menggunakan bubuk telur asin serta tambahan dari daun kari. Membuat nachos mempunyai rasa gurih dan wangi juga," ungkap Om Borito yang juga Finalis Al-Ahmadi ke-6 se-Sumatra yang diadakan di Batam 10 Des 2017 ini.

Keripik nachos bisa dibuat dengan cara dipanggang di atas kompor. Adonan dibuat dengan bantuan rolling dan bulatan lempengan. Lalu dibentuk layaknya keripik nachoy, yaitu berbentuk segitiga.

Om Borito mengatakan, tips enak nachos adalah saat pengeringan atau penjemuran. Jika adonan dijemur dengan panas yang cukup dan lama, maka nachos akan semakin garing saat digoreng. Tapi, saat membuatnya, takaran adonan harus pas, saat penggorengan api juga tidak boleh terlalu besar.

Nah, bagi yang ingin mencoba membuat sendiri nachos chips salted eggs ala Om Borito Nachos Chips Batam, jangan lewatkan resep yang akan dibagikan khusus untuk pembaca Tribun Batam berikut ini. Selamat mencoba! (*)

Resep Nachos Chips Salted Eggs
Bahan:
1 kg tepung terigu
Garam secukupnya
50 gram margarin
600 ml air
150 ml minyak makan
30 gram jagung kering diblender
100 gram bubuk telur asin
Daun kari secukupnya
Minyak makan secukupnya untuk menggoreng
Baking powder secukupnya

Cara Membuatnya:
1. Adon tepung terigu, margarin, air, minyak makan, dan jagung kering. Adon hingga kalis. Lalu diamkan selama 5 - 10 menit
2. Setelah didiamkan roling adonan hingga tipis. Letakan di lempengan besi untuk dipanggang di atas kompor hingga separuh masak
3. Angkat lalu potong adonan berbentuk ukuran segitiga
4. Jemur hingga keripik benar-benar kering
5. Goreng keripik hingga matang. Tiriskan
6. Masukan keripik yang sudah di goreng dalam wajan. Tabur dengan bubuk telur asin dan daun kari. Aduk hingga rata. (ani)

Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help