Warga Rintis-Arung Hijau di Anambas Nikmati Sinyal Telekomunikasi, Bisa Video Call Malah!

Warga Rintis-Arung Hijau di Anambas Nikmati Sinyal Telekomunikasi, Bisa Video Call Malah!

Warga Rintis-Arung Hijau di Anambas Nikmati Sinyal Telekomunikasi, Bisa Video Call Malah!
http://thetruthspy.com
WhatsApp 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS-‎Awal tahun 2018 ini, belakangan menjadi berkah tersendiri bagi warga Rintis - Batu Tambun Kecamatan Siantan.

Daerah yang masih satu daratan serta tidak terpaut jauh dari ibukota Anambas, Tarempa sempat tidak tersentuh sinyal telekomunikasi. Sejak pertengahan Desember 2017, akses telekomunikasi akhirnya masuk ke daerah yang sempat blank spot ini.

"Sinyal sekarang sudah masuk di atas (Rintis - Batu Tambun) sana. Selain bisa Whats App, bisa juga video call," ujar Pandi salahseorang warga Tarempa Senin (1/1/2018). ‎Pria yang mendapat informasi perihal masuknya akses internet di sana pun, bahkan sempat menjajal kualitas sinyal telekomunikasi tersebut dengan mengajak anak serta istrinya.

Menurutnya, kualitas sinyal di atas bahkan lebih baik dibandingkan dengan sinyal di Tarempa. Ia pun berharap, kualitas sinyal telekomunikasi seperti ini dapat bertahan ‎dengan lama sehingga bisa dinikmati tidak hanya oleh warga setempat, namun juga bisa dinikmati oleh tamu dari luar yang berkunjung ke tempat ini.

"Mungkin karena pengguna masih sedikit, berbeda dengan di Tarempa, penggunanya kan sudah banyak. Ya, harapannya semoga bisa dapat diikuti dengan daerah lain yang belum tersentuh akses telekomunikasi," ungkapnya.

Kepala dinas komunikasi, informatika dan statistik ‎Kabupaten Kepulauan Anambas, Jeprizal yang dihubungi menyebut selain Rintis, terdapat lokasi lain yang tersentuh sinyal telekomunikasi seperti di Arung Hijau Desa Tiangau Kecamatan Siantan Selatan, Desa Nyamuk Kecamatan Siantan Timur, Desa Putik di Kecamatan Palmatak dan Desa Kuala Maras di Kecamatan Jemaja Timur.

Jeprizal mengatakan, peningkatan akses telekomunikasi ini, tidak lepas dari dorongan Pemerintah pusat kepada provider yang didukung dari koordinasi yang dilakukan Pemerintah Daerah ke beberapa kementrian. Kualitas sinyal 3G pun, diakuinya akan merata pada awal tahun ‎yang dengan mengupgrade perangkat dari provider tersebut.

"Untuk Rintis dan Nyamuk sinyalnya sudah masuk 3G. Sementara di Kuala Maras masih menunggu perangkatnya datang. Kalau dari rencana mereka, tanggal 25 Desember ini sudah bisa beroperasi. Sesuai rencana mereka, awal tahun sudah 3G. Apalagi dengan beroperasinya Palapa Ring Barat ‎nanti," ungkapnya.

Selain sejumlah desa di Anambas itu, Kementrian Telekomunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia juga berencana untuk memprioritaskan tujuh desa di Anambas untuk mendapat akses telekomunikasi.

Tujuh desa tersebut meliputi Desa Munjan dan Desa Batu Belah Kecamatan Siantan Timur, serta Desa Rewak Kecamatan Jemaja, Desa Mengkait Kecamatan Siantan Selatan, Belibak Kecamatan Palmatak, Serat dan Desa Air Putih di Kecamatan Siantan Timur.

"Untuk Munjan dan Batu Belah saat ini sedang progress. Kemungkinan operatornya Indosat. Sementara lima desa sisanya berkemungkinan akan dilakukan pada awal ‎2018. Pada intinya, kami berupaya untuk mengurangi blank spot area di Anambas," ungkapnya. (*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help