Hari Jadi Ke-234 Kota, Lis-Syahrul Ziarah ke Leluhur Tanjungpinang!

Hari Jadi Ke-234 Kota, Lis-Syahrul Ziarah ke Leluhur Tanjungpinang! Ini Pemakaman Leluhur Tanjungpinan Yang Diziarahi!

Hari Jadi Ke-234 Kota, Lis-Syahrul Ziarah ke Leluhur Tanjungpinang!
Tribunbatam/M Ikhwan
Ilustrasi. Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah dan Ketua DPRD Kota Tanjungpinang Suparno memasang kain penutup batu nisan di Makam Raja Haji Fisabilillah, di Pulau Penyengat Kota Tanjungpinang, Kamis (5/1/2017) 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG- Menyambut pringatan hari jadi Kota Tanjungpinang 6 Januari 2018, Pemerintah Kota Tanjungpinang napak tilas menziarahi makam tokoh leluhur Kota Tanjungpinang, Jumat (5/1/2018). Ziarah ini memang rutin dilaksanakan setiap tahun jelang peringatan.

Ziarah makam ini juga merupakan yang terakhir dimasa kepemimpinan Lis-Syahrul. Karena pada Pilkada Kota Tanjungpinang 2018 mendatang, keduanya berpisah. Masing-masing mencalonkan diri sebagai walikota.

Keduanya, Lis Darmansyah dan Syahrul hadir dalam kegiatan ziarah tersebut. Selain itu, Sekda Kota Tanjungpinang Riono, Forkominda, pengurus LAM tokoh adat, tokoh masyarakat juga ikut berziarah ke makam-makam leluhur Kota Tanjungpinang.

Ziarah dimulai dari makam Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah di Kampung Melayu Kota Piring, kemudian makam Sultan Ibrahim di Sei Carang Kelurahan Air Raja, Makam Daeng Marewah, Kampung Kota Raja dan Makam Daeng Celak di Sei Timun.

Selanjutnya, rombongan menyebrang ke Pulau Penyengat berziarah ke komplek makam Raja Haji Fisabilillah, Engku Puteri Raja Hamidah, Raja Ali Haji. Rombongan kemudian melanjutkan salat Jumat berjamaan di Masjid Sultan Raya Sultan Riau Penyengat.

Adapun prosesi ziarah diisi dengan tahlilan dan doa. Kemudian dilanjutkan menabur bunga, menyiram air, serta memasang kain kuning penutup batu nisan makam.

Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah mengatakan jasa-jasa perjuangan para leluhur Tanjungpinang harus selalu diingat. Ziarah sebagai bentuk mengingat dan berterimakasih atas jasa yang telah diberikan. "Karena kita bisa eksis hari ini, karena ada kerja keras dan perjuangan dari para pendahulu kita," katanya.

Puncak Hari Jadi ke 234 Tanjungpinang rencananya akan digelar pada Sabtu 6 Januari mendatang di Lapangan Pamedan A. Yani Tanjungpinang. (*)

Penulis: M Ikhwan
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help