SIAP-SIAP! Bulan Depan Tarif Air Bersih Karimun Naik 105 Persen

Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Karimun mesti siap-siap merogoh kocek lebih dalam.

SIAP-SIAP! Bulan Depan Tarif Air Bersih Karimun Naik 105 Persen
tribun batam
Bupati Karimun Aunur Rafiq meninjau proyek perluasan waduk utama PDAM Tirta Karimun di Seibati, Kecamatan Tebing beberapa waktu lalu. Rencananya Februari mendatang PDAM akan memberlakukan tarif baru air Rp 1.750 per kubik kepada pelanggan. 

TRIBUNBATAM.ID, KARIMUN – Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Karimun mesti siap-siap merogoh kocek lebih dalam.

Pasalnya Februari mendatang, PDAM Tirta Karimun akan menaikkan tarif air.

Tidak tanggung-tanggung, kenaikkan mencapai sekitar 105 persen.

Jika sebelumnya Rp 850 per kubik menjadi Rp 1.750 per kubik.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan kebijakan menaikkan tarif air PDAM itu tengah digodok manajemen PDAM Tirta Karimun bersama konsultan.

Rafiq juga beralasan kebijakan tersebut dikarenakan air PDAM ke pelanggan sudah lancar berbeda dengan sebelumnya, yang sering macet bahkan tidak mengalir.

“Selain itu tarif air kita ini termasuk yang paling murah, 0-10 liter per kubik Rp 850. Satu kubik itu sama dengan lima drum, satu drum isi sama lori air itu Rp 6 ribu, kalau drumnya lima kali Rp 6 ribu sudah Rp 30 ribu, sementara kita hanya Rp 850,” kata Rafiq usai menggelar pertemuan dengan pedagang pasar modren Puan Maimun, Jumat (5/1/2018).

Dengan tarif baru itu, PDAM Tirta Karimun ujar Rafiq menargetkan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp 200 juta per tahun mulai 2019 mendatangakan.

Tidak hanya menaikkan tarif, perusahaan plat merah itu, kata Rafiq juga akan semakin meningkatkan pelayanan kepada pelanggannya.

Pada 2018 ini, PDAM berencana membangun jaringan dari waduk Sentani ke waduk utama PDAM Tirta Karimun di waduk Seibati sebesar 50 liter per detik, towernya nanti berada di Bukit Tembak, Kecamatan Meral.

“Kita menargetkan pada 2019 mendatang, PDAM Tirta Karimun mampu mengalirkan air sebesar 120 liter per detik, pasang 5 ribu pelanggan yang baru. Saat ini pelanggan kita ada sekitar 7 ribu, Karimun 5 ribu, 2 ribu di Tanjungbatu dan Moro,”

Selain itu, akan ada juga bantuan dari APBN sebesar 50 liter per detik juga di waduk Sentani ke Seibati.

Pendapatan yang diperoleh tersebut nanti akan digunakan modal perbaikan dan penambahan-penambahan fasilitas lainnya.

“PDAM Tirta Karimun akan terus berkembang terus, untuk itu perlu kerjasama kita semua karena ini milik pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat,” pintanya. (*)

Penulis: Rachta Yahya
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help