Asyik! Mal Pelayanan Publik di Batam Siapkan Balai Nikah Gratis! Begini Caranya!

Asyik! Mal Pelayanan Publik di Batam Siapkan Balai Nikah Gratis! Begini Caranya!

Asyik! Mal Pelayanan Publik di Batam Siapkan Balai Nikah Gratis! Begini Caranya!
tribunbatam/roma
Ketua Kadin Batam dan Kepala Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu di depan pelaminan balai nikah di Mal Pelayanan Publik, Senin (8/1/2018) 

Laporan Roma Uly Sianturi, Wartawan Tribun Batam 

TRIBUNBATAM.id, BATAM-Kepala Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Gustian Riau menyiapkan ruangan khusus yang dinamakan Balai Nikah di Mal Pelayanan Publik (MPP). Penyediaan ini dikarenakan tingginya biaya perkawinan saat ini maka diadakanlah KUA beserta Balai Nikah tersebut.

"Sebenarnya Kementerian Agama (Kememag) ini ada dua yang pertama di bidang umroh, yang kedua di bidang pernikahan ini.

Maka disini diadakanlah pernikahan itu secara gratis," ujar Gustian Riau seusai menunjukkan Balai Nikah tersebut kepada Tribun saat momen kunjungan Kadin ke MPP, Senin (8/1/2017).

Gustian menambahkan adanya KUA dan Balai Nikah di MPP untuk mempermudah masyarakat melangsungkan pernikahan. Dengan dilandaskan pembiayaan tidak ada namun niat dan ketulusan ada untuk menikah.

"Maka kita siapkanlah Balai Nikah gratis,"ujarnya kepada semua wartawan dan Kadin pada saat itu.

Ia mengatakan bagi masyarakat yang ingin melangsungkan pernikahan disini persyaratannya tidak ada. Hanya saja calon pengantin cukup mendaftar saja ke KUA MPP, kemudian langsung minta jadwalnya berlangsungnya pernikahan supaya tidak bentrok dengan yang lain.

"Benar-benar gratis, terbuka untuk umum dan siapa saja boleh," tuturnya disela-sela kunjungan Kadin tersebut.

Tetapi sebelum peresmian MPP, Balai Nikah ini belum dibuka. Bahkan Gustian mengatakan ada juga yang rela ditunda pernikahannya demi disaksikan oleh Presiden.

"Kita menunggu sehabis resmikan saja. Supaya nanti pak Presiden yang resmikan biar lebih sah," ujarnya.

Sementara itu rombongan Kadin tersebut sangat mengapresiasi ruangan Balai Nikah tersebut. Mereka terlihat senang memantau setiap konter. Bahkan memasuki ruangan Balai Nikah tersebut bersama dengan Gustian Riau.

Pantauan Tribun ruangan Balai Nikah tersebut sudah cantik terhiasi oleh pelaminan merah yang dicampur dengan pernak-pernik keemasan. Seperti terkesan nuansa Melayu yang

merupakan tradisi khas di Kepulauan Riau. Bukan hanya itu dibawah pelaminan juga di lengkapi dengan karpet merah yang nantinya bisa diisi dengan keluarga mempelai.

"Memang luar biasa sekali MPP ini ya. Selain menyatukan para investor, Pak Gustian juga ternyata membantu menyatukan dua insan yang saling mencintai," candaan Ketua Kadin Kota Batam, Jadi Rajagukguk kepada Kepala Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Gustian Riau di Balai Nikah MPP. (*)

Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved