Mustika Rasa

Pindang Tulang Iga Sapi, Lezat Gurih Beraroma Rempah

Masakan pindang tulang sapi menggunakan bahan utama tulang iga sapi yang masih terdapat sum sum tulang dan sedikit daging.

Pindang Tulang Iga Sapi, Lezat Gurih Beraroma Rempah
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

MAKANAN khas Sumatera terkenal dengan aneka rempah dan cita rasa pedasnya. Selain itu juga identik dengan warna merahnya, gurih dan sedikit rasa asinnya.

Seperti makanan khas dari Palembang yang satu ini. Tidak hanya terkenal dengan pengolahan berbagai aneka ikan misalnya saja pempek atau tekwan, Palembang juga terkenal dengan olahan pindang tulangnya.

"Tulang iga sapi tak hanya bisa dimasak sup saja tapi enak juga dimasak pindang. Bagi yang suka pindang tulang, hidangan ini sangat identik dengan aroma rempah,” kata Mawardi, Chef The Centro Hotel, Sukajadi.

Masakan pindang tulang sapi menggunakan bahan utama tulang iga sapi yang masih terdapat sum sum tulang dan sedikit daging yang menempel pada tulang. Tak hanya suum sum di bagian luarnya, kita juga bisa menikmati sum-sum tulang bagian dalamnya dengan cara dihisap.

Pindang tulang sapi yang menggunakan air ini sesuai untuk Anda yang tidak terlalu suka dengan makanan berminyak. Karena tidak ada proses tumisan, semuanya melalui proses direbus saja. Bahkan bumbu hanya dipotong-potong saja.

Baca: Ikan Asam Pedas Melayu, Kuah Pedasnya Bikin Ketagihan

Baca: Nugget Pisang, Renyah Menggoda Lidah. Dapatkan Resepnya di Sini!

Baca: Surabi Bandung Kekinian, Gurih Meski Tanpa Kuah

Pindang tulang iga terasa sangat gurih dari rempah-rempahnya. Sum sum tulang yang lembut, ditambah dengan rasa segarnya rebusan kuah tulang iga. Dan semakin terasa nikmat dari irisan tomat, kemangi, hingga daun bawang.

"Pilih tulang sapi yang segar, pemotongan tidak terlalu besar, terus bumbu harus pas. Jangan sampai kalah banyak dari tulangnya. Air rebusan yang keluar busa ada baiknya dibuang saja," ujar Mawardi.

Apakah Anda tertarik untuk membuat olahan pindang tulang yang lezat? Chef The Centro Hotel, Sukajadi bersedia berbagi resepnya untuk pembaca Tribun semua. Selamat mencoba! (*)

Resep Pindang Tulang
Bahan:
280 gram tulang sapi
4 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 ruas jahe
1 ruas lengkuas
0.50 gram cabai merah
0.25 gram cabai rawit
1 batang serai
2 helai daun jeruk
1 helai daun salam
1 ruas kunyit
1 buah tomat
Daun bawang secukupnya
Kemangi secukupnya
Kecap manis
Garam
Penyedap rasa
Asam jawa
Sambal terasi.

Cara Membuatnya:
1. Cuci bersih tulang iga. Tiriskan
2. Rebus air hingga mendidih. Masukan tulang iga, jika keluat buih, buih dibuang
3. Potong-potong semua bahan dengan ukuran kecil
4. Setelah matang, masukan semua bumbu. Kecuali tomat, kemangi, daun bawang.
5. Setelah matang, berikan garam, penyedap rasa, kecap, air asam jawa dan sambal terasi sesuai selera
6. Setelah aduk rata dan rasa pas. Masukan tulang iga ke dalam mangkuk, tabur dengan dsun bawang, tomat, dan daun kemangi. (*)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help