Pengakuan Camat Tambelan, Inilah Pemicu Terjadinya Banjir-Tanah Longsor! Ini Lokasinya!

Pengakuan Camat Tambelan, Inilah Pemicu Terjadinya Banjir-Tanah Longsor! Ini Lokasinya!

Pengakuan Camat Tambelan, Inilah Pemicu Terjadinya Banjir-Tanah Longsor! Ini Lokasinya!
Tanah longsor di Tambelan, Minggu (14/1/2018) 

TRIBUNBATAM.id, BINTAN-Camat Tambelan, Akhyaruddin memastikan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tanah longsor dan banjir di Tambelan pada Minggu (14/1/2018).

Kondisi juga sudah mulai berangsur angsur membaik dalam arti, warga sudah beraktifitas seperti biasa.

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa, memang ada tanah yang ambles karena topografinya perbukitan, ada beberapa pohon tumbang, tapi sudah dibereskan sama warga dengan beramai ramai,"kata Akhyaruddin kepada Tribun Batam.id, Bintan.

Banjir memang terjadi diakibatkan hujan yang turun seharian tidak bisa mengalir ke laut. Pasalnya, perairan Tambelan saat ini juga sedang mengalami pasang tinggi.

"Di sini hujan terus, hujan deras, sudah tiga malam. Air hujan turun kan masuk ke drainase, turun ke laut.

Di laut ditunggu sama air pasang, jadi air yang di saluran drainase menumpuk dan terkumpul sehingga naik ke permukaan ya menggenangi beberapa rumah penduduk di sekitaran drainase,"kata Akyaruddin.

Namun kondisi banjir di Tambelan kata dia tak akan berlangsung lama. Pasalnya daerah perkampungan di Tambelan rara rata di pesisir sehingga ketika air pasang surut,

serta merta air yang menggenangi perumahan warga kembali surut sediakala. "Jadi warga kami tidak ada yang dievakuasi, sudah kembali ke rumah masing masing,"kata Akyaruddin.

Terkait longsor, ada bebeberapa titik area yang bangunan material rumahnya rusak. Salah satunya di daerah Batu Lepuk.

Perkampungan tersebut kebetulan lokaisnya pas dibawa bukit. Dan beberapa fasilitas umum desa tepat dibawah perbukitan.

"TPA mereka satu unit roboh akibat tanah longsor. Satu unit dua pintu bangunan gedung pemuda Desa Batu Lepuk jebol, itu saja.

Ada juga beberapa rumah warga yang dindinding jebol dihantam oleh reruntuhan tanah, tapi tidak sampai roboh, dindingnya yang jebol,"kata Akhyaruddin.

Meski demian, dipastikan oleh camat, kindisi saat ini didaerah yang sempat banjir dan tanah longsor sudah aman dan terkendali.

Beberapa tanah longsoran yang menembus bahu jalan sudah disingkirkan dan dibersihkan oleh warga secara gotong royong.(*)

Tags
Tambelan
Penulis: Aminnudin
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help