Mustika Rasa

Brownies Panggang Ini Crispy Tapi Lembut di Lidah. Dapatkan Resepnya di Sini

Brownies panggang terasa crispy bagian atasnya. Tetapi bagian dalamnya bertekstur lembut. Ingin tahu rahasinya?

Brownies Panggang Ini Crispy Tapi Lembut di Lidah. Dapatkan Resepnya di Sini
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

BAGI penyuka kudapan manis, brownies kerap masuk dalam list makanan yang harus tersedia dalam daftar snack yang akan disantap. Apalagi, identik dengan cokelat yang gurih brownies belakangan juga banyak ditenteng sebagai buah tangan saat berkunjung ke rumah sanak family ataupun relasi.

Brownies sendiri dibedakan jadi dua macam yakni brownies kukus dan brownies panggang. Untuk varian kini juga kian beragam alias tak hanya bercitarasa cokelat. Begitu juga dengan topping, ada banyak pilihan alternatif.

"Brownies bisa dipanggang dan dikukus. Kalau dikukus lembut dari atas sampai bawah, kalau dipanggang atas crispy bawahnya lembut. Menurut saya, lebih menantang membuat brownies panggang, karena waktu pemanggangan juga harus diperhatikan," kata Eliana, Pemilik e.brownies Batam yang berlokasi di Ruko Rafflesia Business Centre Blok D No 2, Batam Centre.

Brownies panggang terasa crispy bagian atasnya. Tetapi bagian dalamnya bertekstur lembut. Tidak hanya itu, rasa cokelat yang secara keseluruhan ada pada brownies membuat kue ini terasa manis.

Sementara gurih brownies didapatkan dari campuran margarin dan mentega membuat brownies mempunyai rasa gurihnya. Brownies juga perlu ditambah garam karena akan membangkitkan rasa dan aroma.

Baca: Pindang Tulang Iga Sapi, Lezat Gurih Beraroma Rempah

Baca: Ikan Asam Pedas Melayu, Kuah Pedasnya Bikin Ketagihan

Baca: Nugget Pisang, Renyah Menggoda Lidah. Dapatkan Resepnya di Sini!

Baca: Surabi Bandung Kekinian, Gurih Meski Tanpa Kuah

Agar lebih nikmat dan menarik, brownies biasanya diberikan aneka topping. Seperti choco chips, keju, ceres, dan lainnya. Selain topping, varian brownies juga kian beragam. Misalnya brownies matcha, red velvet, keju, dan lainnya.

"Brownies itu enak dimakan saat hangat. Tetapi kalau ingin disimpan dalam kulkas, bisa diselimuti aluminium foil terlebih dahulu,” ujar Eliana.

Untuk membuat brownies nikmat, cokelat yang digunakan ada dua jenis, cokelat batang dan cokelat bubuk. Dan bagi penyuka kopi, bisa ditambah larutan kopi sehingga brownies terasa aroma wangi kopi.

Nah, bagi yang berminat membuat sendiri brownies di rumah, Eliana bersedia membagikan resep membuat brownies panggang khusus bagi Pembaca Tribun Batam. Selamat Mencoba! (*)

Resep Brownies Kering/Bakar
Bahan:
150 gram cokelat batang
2 sdm cokelat bubuk
100 gram mentega
2 butir telur
120 gram gula pasir
100 gram tepung terigu
Vanilla secukupnya
Garam secukupnya
1 sdm larutan kopi (jika suka)

Cara Membuatnya:
1. Panaskan cokelat batang dan margarin secara bersamaan hingga meleleh sempurna. Angkat
2. Masukan gula, cokelat bubuk, aduk rata
3. Masukan vanila dan telor, aduk hingga rata
4. Masukan tepung terigu dan garam, aduk rata.
5. Tuang adonan dalam loyang yang sudah dibalut dengan mentega dan tepung sebelumnya
6. Panggang dalam oven selama lebih kurang 35 menit. (*)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help