Motion

Penggemar Klub Arsenal Ini Tiap Pekan Gelar Nobar

AIS Batam ini keberadaannya sudah mau jalan tujuh tahun. Pertama kali dibentuk sekitar September 2011.

Penggemar Klub Arsenal Ini Tiap Pekan Gelar Nobar
ISTIMEWA

KECINTAAN terhadap klub sepak bola Arsenal, tampaknya sudah mendarah daging di tubuh anggota komunitas Arsenal Indonesia Supporter (AIS) Batam. Terbukti, meskipun semula mereka tergabung di AIS daerah yang berlainan, namun dipersatukan kembali ketika berada di Batam.

Yup, pendiri, pengurus maupun member AIS di Batam, bisa dibilang merupakan pentolan-pentolan AIS dari luar daerah. Namun karena memiliki minat dan ketertarikan yang sama terhadap klub sepak bola bergengsi asal Inggris itu, akhirnya mereka membentuk AIS Batam.

"AIS Batam ini keberadaannya sudah mau jalan tujuh tahun. Pertama kali dibentuk sekitar September 2011," kata pendiri sekaligus Koordinator Daerah (Korda) pertama AIS Batam, Odi kepada Tribun Batam.

Namun untuk Indonesia, diakuinya AIS sudah cukup lama hadir. Kini usianya masuk tahun ke-14. Pusatnya berada di Jakarta.

Odi sendiri semula merupakan pentolan AIS dari Medan, Sumatera Utara. Kemudian dia hijrah ke Batam.

"Sampai di Batam, cari-carilah teman di facebook. Saat itu namanya belum AIS. Kegiatan perdana kami, nonton bareng (nobar) pertandingan Arsenal," ujarnya menceritakan sejarah dibentuknya AIS Batam.

Saat itu anggota yang terkumpul masih 10 orang. Dari nobar perdana, berlanjut menjadi kegiatan rutin di AIS Batam setiap kali ada pertandingan Arsenal di televisi. Mengapa nobar?

"Lebih seru nonton ramai-ramai daripada sendirian. Untuk nambah-nambah kawan. Tujuan dibentuknya untuk have fun," kata Odi.

Untuk nobar, menurut Korda AIS Batam, Rendy memang setiap pekan selalu diupayakan bisa nobar. Biasanya mereka join dengan cafe tertentu di Batam. Untuk pertandingan besar, tak jarang mereka juga mengundang komunitas pendukung klub sepak bola lainnya, yang menjadi lawan klub kesayangan mereka.

"Untuk pertandingan besar, sekali nobar itu bisa terkumpul sampai 50 orang dari AIS sendiri," ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Dewi Haryati
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved