Ditanya Siswa SMAN 2 Batam: Kok Masih Banyak TKI Ilegal ke Luar Negeri? Ini Jawaban Imigrasi

Siswa SMAN 2 Batam antusias mengajukan pertanyaan terkait masalah prosuderal pelayanan paspor di Keimigrasian

Ditanya Siswa SMAN 2 Batam: Kok Masih Banyak TKI Ilegal ke Luar Negeri? Ini Jawaban Imigrasi
TRIBUN/ZABUR A
Kasi Insarkom Kantor Imigrasi Kelas II Belakang Padang, David E.A Watimena saat memberikan materi sosialisasi kepada pelajar SMAN 2 Batam di Pulau Sekanak, Rabu (17/1/2018) 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Siswa SMAN 2 Batam antusias mengajukan pertanyaan terkait masalah prosuderal pelayanan paspor di Keimigrasian.

Ada yang juga meminta penjelasan, soal masih adanya tenaga kerja Indonesia (TKI) yang pergi keluar negerit tanpa melalui prosuderal.

"Kenapa masih ada tenaga kerja Indonesia yang tidak melalui prosedural berkerja di luar negeri," kata Andi, siswa kelas XI SMAN 2 Batam kepada petugas Imigrasi Kelas II Belakang Padang, dalam sosialisasi pelayanan Imigrasi sempena Hari Bhakti Imigrasi ke 68, Rabu (17/1/2018).

Baca: Heboh! Puluhan Tahun Lalu Foto dengan Sepeda Pinjaman, Kini Gadis Ini Jadi Artis Termahal Indonesia!

Baca: Viral Screenshoot Pelakor Curhat ke Istri Sah karena Hamil dan Bingung Urus Nikah, Netter pun Gemas

Baca: Empat Informasi Lowongan Kerja Hari Ini. Lamaran Bisa Diantar dan Langsung Interview

Kemudian, dijawab Kasi Insarkom  David E.A Watimena. Bahwa masih adanya TKI yang tidak melalui prosuderal karena tidak mau mengurus dokumen Keimigrasian sesuai aturan yang ada.

"Karena tidak mau ribet, mereka memilih yang singkat. Selain itu tidak ketahuan orang yang bersangkutan, sehingga adanya TKI yang tidak melalui prosedural," kata David. 

Dalam sosialisasi itu, David juga menjalaskan prosedur permohonan paspor. Selain itu juga memberi pemahaman agar tidak tergiur dengan janji-janji orang yang tidak bertanggung jawab untuk bekerja di luar negeri.

Kasi Wasdakim Kantor Imigrasi Kelas II Belakangpadang,  Washono mengatakan sosialisasi terkait pelayanan Keimigrasian ke siswa SMAN 2 Batam sempena Hari Bhakti Imigrasi ke 68, untuk memberi pemahaman apa saja tugas keimigrasian dan manfaat penggunaan paspor.

"Kita beri pemahaman terkait penggunaan paspor kepada pelajar. Apa saja fungsinya. Ya tadi banyak pertanyaan keinginan tahu pelajar terkait masalah paspor dan tugas keimigrasian itu sendiri," katanya.(bur)

Penulis: Zabur Anjasfianto
Editor: nandarson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help