Mellennial

Bisnis Jaman Now Nggak Cuma Modal Duit. Simak Trik Suksesnya!

Penting sekali dalam memulai bisnis adalah komitmen untuk siap bersaing serta mental siap untung dan siap rugi.

Bisnis Jaman Now Nggak Cuma Modal Duit. Simak Trik Suksesnya!
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI
Barbershop adalah satu di antara contoh bisnis kekinian yang sedang booming di Batam 

BELAKANGAN ini, usaha Barbeshop kian menjamur di Batam. Bahkan, tak sulit untuk menemukan barbershop di kota ini. Karena hampir di sejumlah pinggir jalan besar hingga jalan kecil ditemukan usaha barbershop.

Ya, usaha ini memang lagi happening banget. Jika dulu, kita banyak menemukan usaha berplang pangkas rambut, kini seiring perubahan zaman tren para pria potong rambut dan melakukan perawatan sudah beralih ke barbershop.

Nah, bagi kalian yang sedang melirik untuk membuka usaha, peluang ini bisa dijadikan alternatif pilihan kan? Sebab, saat ini usaha tersebut memang sedang booming layaknya usaha laundry yang sebelumnya pernah booming juga.

Baca: Balayage, Tampilan Rambut Terlihat Natural Meski Diwarnai

Baca: Make Up Glowing Highlighter Lagi Happenning, Lho! Simak Triknya di Sini

Baca: Musim Dingin Bawaannya Pengen Ngemil. Begini Triknya Agar Tak Gemuk

"Penting sekali dalam memulai bisnis adalah komitmen untuk siap bersaing serta mental siap untung dan siap rugi. Dalam membuat bisnis jaman now jangan lagi mengedepan modal utama adalah uang. Tetapi jadikan ide, konsep, atau gagasan adalah sebuah titik awal untuk selanjutnya dibuat bisnis plan dan to do action," kata Rizky Kurniadi, owner Starsbox Barbershop Penuin, Rabu (17/1/2018) kepada Tribun.

Rizky mengatakan, selain ide dan konsep bisnis, tentunya kita harus paham dan terus belajar tentang bisnis yang dinamis, how to manage. Termasuk bagaimana harus membuat suatu pembukuan dan laporan yang akan digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan ke depannya.

"Tidak harus bisa usaha barber kok. Karena untuk membuka usaha rumah makan tak perlu pandai memasak bukan? Terus membuka usaha laundry tidak harus pandai mencuci karena sudah ada mesin cuci," ujarnya.

Terus apakah kita bisa buka usaha barbershop sendiri? Rizky mengatakan bahwa memulainya sendiri tidaklah mudah, karena butuh mental untuk siap jatuh bangun, kurang tidur, diremehkan, sampai pada persaingan bisnis. Hal yang penting sebagai pebisnis adalah mental yang tangguh.

"Kuncinya adalah terus berpositif thinking, berkembang dengan menjunjung tinggi etika bisnis, serta inovasi dan ekspansi tiada henti," ungkapnya.

Dan ada baiknya jika usaha ini dikerjakan dengan teman-teman yang sudah kamu percayai. Kamu bisa bekerja sama dengan temanmu yang jago dalam stylist rambut, potong rambut, segala hal yang berhubungan dengan keinginan customer laki-laki dalam hal tatanan rambutnya.

"Target market barbershop yaitu para lelaki gentlemen masa kini yang juga butuh perawatan. Seperti rambut, jadi kita harus update dalam hal ini. Basic-nya manajemen usahanya bagaimana, pelajari pembukuannya, SDM, lokasi yang marketable, pesaing, supplier dan yang paling penting siapa target marketnya alias keinginan customer," kata Rizky yang akan melebarkan usahanya hingga ke Lampung. (*)

Perhatikan Ini Sebelum Buka Barbershop
1. Kualitas service yang dihasilkan harus dijaga, mulai alat yang digunakan sampai style rambut yang diinginkan
2. Kenyamanan tempat dan fasilitas yang memadai
3. Para barber yang memiliki attitudes alias sikap dan jiwa friendly, disiplin dan tentunya profesional dalam bekerja dan berkarya
4. Tentukan lokasi yang marketable
5. Hitung kebutuhan investasi dan ROI
6. Kelola usaha dengan ilmu manajemen dan transparan serta tidak bergantung pada orang lain
7. Amati tiru modifikasi bisnis yang sudah maju dengan menjunjung tinggi etika bisnis dan niat serta cara yang baik
8. Siap untung serta siap juga rugi
9. Terus belajar dan berinovasi
10. Paling utama berdoa dan percaya rezeki sudah diatur oleh Allah SWT (*)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help