Disnaker Anambas Batal Rekrut Pencaker Pariwisata! Anggaran Dipindahkan ke Sini!

Alokasi anggaran untuk pelatihan ketrampilan itu, dipindahkan ke Dinas kesehatan, pengendalian penduduk

Disnaker Anambas Batal Rekrut Pencaker Pariwisata! Anggaran Dipindahkan ke Sini!
Tribun Batam/Septyan Mulia Rohman
Ilustrasi kawasan wisata di Anambas 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Rencana dinas penanaman modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), transmigrasi dan tenaga kerja Kabupaten Kepulauan Anambas untuk memberi pelatihan bagi pencari kerja bidang pariwisata kandas.

Melalui surat Kepala Badan Keuangan Daerah, alokasi anggaran untuk pelatihan ketrampilan itu, dipindahkan ke Dinas kesehatan, pengendalian penduduk, dan keluarga berencana.

Yunizar, Kepala Organisasi Perangkat Daerah tersebut yang ditemui mengatakan, pemindahan pelatihan ketram‎pilan bagi pencari kerja bidang pariwisata, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan dengan nomor 222/PMK/07/2017

per tanggal 29 Desember 2017. Permenkeu tersebut, mengatur tentang penggunaan, pemantauan, dan hasil evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau.

"Kegiatan yang semula bakal dilakukan oleh kami, terpaksa dibatalkan. Dasarnya itu tadi, kemudian ada surat dari Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas perihal pelaksanaan kegiatan‎ yang bersumber dari DBH Cukai Hasil Tembakau (CHT) tahun anggaran 2018," ujarnya Kamis (18/1/2018).

Ia menambahkan, proses pemindahan anggaran ‎ke Dinas kesehatan, pengendalian penduduk dan keluarga berencana Kabupaten Kepulauan Anambas, akan dilakukan pada saat APBD Perubahan 2018.

Meski sudah menyebarluaskan informasi tentang pelatihan ketrampilan ini, namun diakuinya belum ada berkas permohonan yang masuk ke OPD yang dipimpinnya terkait pelatihan ketrampilan bagi pencari kerja di bidang pariwisata itu.

"Sejauh ini belum ada, kami pun juga telah mengeluarkan surat pemberitahuan ‎pembatalan ini, ke Camat yang ada di Anambas," bebernya.
Sebanyak 49 orang sebelumnya mendapat kesempatan untuk mendapat pelatihan dan disekolahkan di institute khusus pariwisata di Kabupaten Bintan.

Dari total 49 orang itu, sepuluh orang akan dilatih untuk menjadi pemandu wisata (tour guide), sementara 39 orang sisanya akan disekolahkan dengan minat profesi mulai dari pelayanan makanan dan minuman, pengolahan makanan, kantor depan hotel, tata graha, hingga untuk keahlian pastry‎.

Yunizar menambahkan, kegiatan pelatihan dan pendidian ketrampilan bagi pencari kerja ini dilakukan berkenaan dengan program peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja yang bersumber

dari Dana Bagi Hasil (DBH) Cukai Hasil Tembakau. Penerimaan berkas pun, diketahui mulai dilaksanakan mulai tanggal 15 Januari hingga 19 Januari 2018 mendatang dengan berkas diantar langsung oleh pemohon ke kantor OPD yang dipimpinnya.

"Pesyaratan sudah kami sebar dan kami tempelkan ke sejumlah titik, termasuk di kecamatan. Untuk di Kecamatan, kami sudah berkoordinasi dengan camat yang ada di tujuh kecamatan," ungkapnya.(*)

Tags
Disnaker
Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved