TERJAWAB Sudah Mengapa Sidang di PN Batam Selalu Dimulai Siang Hari, Ternyata Masalah Makanan

Warga Batam, khususnya yang sedang berpekara mungkin bertanya-tanya mengapa sidang di Pengadilan Negeri (PN) Batam selalu dimulai siang hari.

TERJAWAB Sudah Mengapa Sidang di PN Batam Selalu Dimulai Siang Hari, Ternyata Masalah Makanan
tribun batam
Ketua Pengadilan Negeri Batam DR Syahlan, SH, MH. 

TRIBUNBATAM.ID, BATAM- Warga Batam, khususnya yang sedang berpekara mungkin bertanya-tanya mengapa sidang di Pengadilan Negeri (PN) Batam selalu mulai digelar pada siang hingga sore hari bukan dimulai sejak pagi hari.

Ternyata, masalah ini menyangkut anggaran makan pagi dan siang para tahanan yang mengikuti sidang.

Seperti yang disampaikan Ketua PN Batam, DR Syahlan, SH, MH saat ramah tamah dengan sejumlah wartawan dalam acara coffee morning yang berlangsung di ruang pertemuan PN Batam, Jumat (19/1/2018).

Selama ini, anggaran sangat terbatas baik dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam maupun PN Batam.

"Anggaran kami di pengadilan yang bersumber dari APBN sangat minim. Begitu juga yang dialami Kejari Batam, juga masalah anggaran yang terbatas," kata 

Syahlan mengatakan umumnya tahanan yang akan menjalani sidang selalu pada siang hari. Untuk itu sidang pun selesai hingga sore.

Mereka dibawa ke Pengadilan seusai makan siang dan selesai sebelum makan malam agar para tahanan tetap mendapatkan jatah makan dari Lapas dan Rutan masing-masing.

Menurutnya, anggaran untuk makan tahanan, sepenuhnya berada di Rutan dan Lapas.

Agar tahanan tetap bisa mendapatkan makan, mereka pun sampai di PN Batam siang hari.

"Karena mulainya siang, sidang perkara pun selesainya hingga pukul 18.00 WIB. Kendala kami peradilan ya pasti masalah tersebut," katanya.

Selain itu, ada beberapa kendala seperti birokrasi untuk membawa tahanan dari rumah tahanan (Rutan) atau lembaga permasyarakatan (Lapas) oleh Jaksa ke Pengadilan.(zabur/leo).

Penulis: zabur_anjasfianto
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help