Mellennial

Nggak Cukup Bermodal Cantik, Simak Keahlian Wajib Seorang Beauty Blogger

Untuk menggeluti dunia ini, seseorang yang ingin menjadi seorang beauty blogger nggak cukup hanya bermodal cantik.

Nggak Cukup Bermodal Cantik, Simak Keahlian Wajib Seorang Beauty Blogger
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

DI era digital seperti saat ini, tak sulit menemukan tutorial untuk beragam kebutuhan. Mulai membuat masakan hingga make up. Tak hanya berbentuk foto yang menjelaskan step by step tutorial tersebut, bahkan kini sudah dilengkapi dengan video sehingga penonton makin mudah menirunya.

Seorang beauty blogger merupakan satu di antara orang yang berperan dalam membuat ulasan maupun tutorial terkait cara menggunakan make up yang benar.

Karenanya, untuk menggeluti dunia ini, seseorang yang ingin menjadi seorang beauty blogger harus kreatif dan nggak cukup hanya bermodal cantik.

"Beauty blogger tidak hanya menjelaskan tutorial make up tetapi juga merekomendasi cara menggunakan alat make up tertentu. Ada juga menceritakan pengalaman menggunakan suatu make up," ujar Widi Utami, seorang Beauty Blogger Batam, Jumat (19/1/2018) di studio miliknya.

Tidak hanya harus pandai dandan, menjadi seorang beauty blogger juga harus kreatif. Karena dalam sebuah video, beauty blogger tidak hanya me-review tetapi juga menginformasikan kepada seluruh netizen mengenai hal yang ingin kita sampaikan.

"Membuat video itu juga harus didukung cahaya yang baik, background juga pendukung yang baik juga. Dan yang harus diperhatikan juga adalah waktu dalam pembuatan video. Maksimal 5 menit saja sudah cukup untuk video beauty blogger," ujar Widi.

Dan hal yang harus diperhatikan saat ingin menjadi seorang beauty blogger adalah ketika membandingkan produk satu dengan produk lainnya. Dalam membandingkan kita tidak boleh mengatakan hal negatif dalam suatu produk. Kita juga harus adil saat me-reviewnya. Selain itu harus ada penilaian positif dalam setiap review masing-masing produk.

Selain harus pandai dalam berkata-kata dan kreatif dalam membuat konten. Hal pendukung yang tidak kalah penting adalah kamera dan aplikasi edit videonya. Tidak menutup kemungkinan juga loh guys, bahwa beauty blogger harus pandai juga dalam mengedit video agar terlihat menarik.

"Bisa pakai kamera ponsel dengan resolusi minimal 16 megapixel. Kalau mau pakai kamera juga bagus. Kalau edit video, minimal bisa pakai viva video. Kontennya mudah digunakan dan fiturnya juga menarik. Upload itu ya bisa di instagram atau youtube," ungkap Widi.

Seorang beauty blogger juga tidak harus menjadi MUA terlebih dahulu, karena kamu bisa belajar secara otodidak. Dan banyak beauty blogger ternama yang bisa jadi inspirasimu. Kalau mau terus eksis di dunia blogger, kita harus selalu eksis. Minimal upload video itu tiga kali seminggu.

Seorang beauty blogger juga harus update dengan alat makeup. Tentu disini kita perlu modal. Modal juga bisa didapat dari mana saja, kalau kamu ada niat. Mulai dari mengumpulkan modal dari sisihan gaji, wiraushaa, jualan online. Hingga dari hasil reviwe produk yang bisa kita dapatkan produknya atau diganti dalam bentuk uang. (*)

Tips Jadi Beauty Blogger
1. Berawal dari hobi dan tidak harus jadi MUA terlebih dahulu
2. Tahu cara speech karena dari specch kita bisa jualan atau endorsment
3. Harus bisa membuat konten yang kreatif. Ada baiknya bikin satu tema saja, agar penjelasan lebih spesifik
4. Mempunyai alat-alat pendukung. Mulai kamera handphone atau kamera lainnya, lighting, hingga background
5. Harus bisa eksis di medsos dengan rajin upload konten beauty.

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved