Motion

Bifza ASC Berhasil Lahirkan Atlet Panahan Tingkat Nasional

Sudah ada beberapa atlet yang meraih medali di berbagai turnamen dan ada atlet junior BASC yang mengikuti Kejurnas.

Bifza ASC Berhasil Lahirkan Atlet Panahan Tingkat Nasional
ISTIMEWA

Laporan Wartawan Endra Kaputra

PANAHAN atau archery adalah olahraga yang menggunakan busur panah untuk menembakkan anak panah ke papan target. Ternyata, olahraga panahan memiliki sejarah yang panjang, yakni dimulai sejak 25.000 tahun yang lalu.

Pada zaman dulu, orang mulai memikirkan suatu alat untuk berburu yang bisa digunakan dari jarak jauh.
Dari dorongan kebutuhan tersebut, muncul sebuah ide untuk menciptakan busur ranting yang berbentuk melengkung beserta dengan anak panahnya. Pada saat itu, bentuk busur dan anak panah masih sangat sederhana, yakni masih berbentuk ranting.

Bukti bahwa adanya panah dari zaman dahulu terlihat pada guratan dinding gua purba yang berada di Eropa bagian barat.

Panah mulai terus berkembang hingga logam ditemukan. Saat zaman logam, orang mulai membuat anak panah dengan menggunakan bahan dasar logam, yang mana panah dengan material logam ini pastinya lebih berbahaya.

Semenjak saat itu pula panah tidak hanya digunakan sebagai alat berburu, namun juga sebagai senjata dalam berperang. Kini, kegunaan panah pun berkembang menjadi kegiatan olahraga.

Pada tahun 1600-an, olahraga ini sangat populer dan digemari di Inggris. Turnamen memanah pertama dilakukan di Yorkshire pada tahun 1673. Pada tahun 1760, organisasi panahan mulai terbentuk dan sejak itu, turnamen olahraga ini diselenggarakan setiap tahunnya.

Tahun 1931, terbentuk organisasi yang disebut International Archery Federation (FITA) di Polandia. Organisasi ini merupakan induk olahraga panahan di dunia. Kemudian, pada tanggal 12 Juli 1953 di Yogyakarta secara resmi Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) terbentuk atas prakarsa Sri Paku Alam VIII.

Dengan terbentuknya Perpani, Indonesia bisa mendaftarkan diri untuk menjadi anggota FITA. Sementara, untuk kejuaraan nasional pertama Indonesia diselenggarakan pada tahun 1959 di Surabaya.

Olahraga memanah tidak hanya diminati kaum adam saja, tetapi juga diminati oleh kaum hawa. Dengan minat yang begitu besar dari seluruh kalangan, klub-klub panahan mulai berani muncul, tumbuh dan berkembang di seluruh dunia.

Halaman
1234
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved