Mustika Rasa

Manis Legit Bika Ambon Beraroma Jeruk. Bikin Sendiri Yuk!

Bika ambon asli Medan mempunyai tekstur yang lembut, dan juga legit. Aroma dari daun jeruk membuat rasa menjadi tambah nikmat.

Manis Legit Bika Ambon Beraroma Jeruk. Bikin Sendiri Yuk!
ISTIMEWA

MAKANAN khas suatu daerah tentu sangat mudah didapatkan di daerah tersebut. Tetapi jika seseorang ada yang merantau ke suatu daerah, makanan tersebut tentu bisa ditemukan tanpa harus ke daerahnya.

Sama halnya dengan kue satu ini, yaitu bika ambon. Bika ambon adalah kue khas dari Medan, dan sepertinya sudah menjadi rahasia umum. Tetapi kita tidak mesti datang ke Medan untuk merasakan kelezatannya bukan?

"Orang asli Medan tentu paham cara membuat bika ambon ini. Karena ini makanan khas dari Medan. Dan ciri khas dari bika ambon itu dari cake-nya yang berlubang-lubang baik pada bagian atas dan dalamnya," kata Hendri, Owner Mr Ong Bakery di Mitra Raya blok I No 62, Batam Centre.

Bika ambon juga mempunyai ciri khas dari aroma daun jeruknya. Bukan itu saja, cake ini juga memiliki sedikit citarasa daun jeruknya. Bika ambon yang identik dengan warna kuningnya. Jika ingin rasa lain, bika ambon juga bisa ditambah air daun pandan.

Baca: Fish and Chips, Makin Nikmat Dicocol Saos Sambal

Baca: Bukan Keripik Pisang Biasa. Ada Rasa Cokelat hingga Balado. Contek Resepnya!

Baca: Lezatnya Nasi Goreng Dipadu Ayam Endut. Contek Resepnya di Sini

"Kalau mau bika ambon yang enak itu harus menggunakan bahan premium. Selain itu, proses pembakarannya menggunakan pasir halus. Maka hasilnya akan lebih bagus," ujar Hendri.

Bika ambon tanpa pengawet ini masih enak dinikmati tiga sampai empat hari jika di luar kulkas. Sedangkan saat berada dalam kulkas tahan seminggu sampai dua minggu lamanya. Asalkan, sebelum makan dikukus dulu.

Bika ambon asli Medan mempunyai tekstur yang lembut, dan juga legit. Aroma dari daun jeruk membuat rasa menjadi tambah nikmat. Dan hasil bika ambon yang sempurna saat pada bagian atasnya terdapat bolongan juga. (*)

Resep Bika Ambon:
Bahan
10 butir telur, ambil kuningnya
200 gram sagu tani
200 gram gula pasir
300 ml santan kental
2 lembar daun pandan
1 batang serai
10 lembar daun jeruk

Bahan biang:
1 sdm ragi
1 sdm gula pasir
1 sdm tepung terigu
3 sdm air hangat

Cara Membuatnya:
1. Campurkan ragi, 1 sdm gula pasir, tepung terigu dan air hangat. Aduk hingga rata
2. Rebus santan, serai, daun jeruk, dan daun pandan hingga mendidih. Dinginkan hingga hangat kuku
3. Kocok kuning telur, gula. Setelah itu masukan sagu, biang dan santan. Aduk sampai rata, saring, diamkan tiga empat jam
4. Kemudian masukan ke dalam cetakan dengan api bawah dan juga api atas pada oven. (ani)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved