Mellennial

Hobi Ganti Profesi? Simak Dulu 5 Hal Penting Berikut Ini

Generasi Mellennial memang cenderung susah untuk bertahan lama dalam satu pekerjaan tertentu karena banyak faktor.

Hobi Ganti Profesi? Simak Dulu 5 Hal Penting Berikut Ini
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

PADA tahap merintis karier, Mellennials yang masih berusia 20-an masih kerap mengalami kejenuhan dan selalu ingin merasakan suasana baru.

Karenanya nggak heran jika pada masa ini, tak sedikit Mellennials cenderung kerap gonta ganti pekerjaan untuk mendapatkan yang paling pas.

"Di mana-mana bicara tentang generasi zaman now yang sering disebut Gen Y, berbeda dengan generasi sebelumnya banyak persepsi yang meng “underestimate” dalam hal kemampuannya untuk loyal dalam satu pekerjaan tertentu atau sering disebut kutu loncat," kata Rizky Kurniadi, Dosen Prodi Leadership dan Entrepreneur Development di Universitas Internasional Batam, Selasa (23/1/2018).

Generasi Mellennial memang cenderung susah untuk bertahan lama dalam satu pekerjaan tertentu karena banyak faktor. Dan bagi dosen Leadership dan Entrepreneur development ini, ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

Baca: Sst, Ternyata Ini Rahasia Mudah Menghilangkan Bekas Jerawat di Wajah

Baca: Nggak Cukup Bermodal Cantik, Simak Keahlian Wajib Seorang Beauty Blogger

Baca: Ingin Tampil Pakai Topi? Simak Dulu Tips Berikut Ini

"Pertama itu ekspetasi yang tidak sesuai dengan realitas, mulai gaji kecil, fasillitas yang tidak memadai, relasi yang kurang support, cenderung menentukan target tinggi sementara tidak didukung soft skill dan hard skill yang mumpuni," ungkap Rizky.

Mellenials cenderung butuh mentor atau pembimbing karier seperti atasan yang memiliki leadership baik. Kalau tidak mereka cenderung menjadi “pemberontak”. Orientasi hasil bukan proses, mereka cenderung tidak setia pada proses padahal proses lah yang menentukan hasil.

Mellennials juga peduli pada pencitraan diri, karena mereka juga butuh diakui serta lebih senang berkolaborasi bukan kompetisi.

"Banyak hal yang positif yang bisa dikerjakan, seperti menjadi seorang creator, inovator, creatifprenuer, dan lainnya banyak sekali start up bisnis muncul dari generasi ini. Sebut saja Marlin Booking yang mengharumkan nama Kepri di kancah Internasional, Kaos T-Obenk Batam, Laundry Extrakiloan , sampai pada Starsbox Barbershop," ujarnya.

Generasi mellennials itu, mereka yang mempunyai mimpi besar, ingin diakui, suka berkolaborasi, menghindari persaingan, tidak terlalu suka dunia politik maupun ekonomi. Tetapi mereka suka dalam membuat suatu perubahan secara instant. Baik untuk diri sendiri maupun dalam kelompoknya. (*)

TIPS Sukses Meski Sering Ganti Pekerjaan
1. Percaya pada kemampuan sendiri. Jangan mengandalkan teman, ikut-ikutan, apalagi cuma sekedar pencitraan
2. Manfaatkan teknologi untuk memperkaya pengetahuan dan ilmu serta informasi up to date, sehingga lebih terfokus dalam mencapai target baik target sosial maupun target financial
3. Pilih teman bahkan komunitas yang positif sehingga dapat mengasah kemampuan berorganisasi dan networking
4. Salurkan bakat, kreatifitas pada bidang-bidang yang bisa menghasilkan manfaat bagi diri sendiri maupun masyarakat, serta bernilai untuk jangka panjang, seperti terjun dalam industri kreatif, komunitas berbagi, dan lain sebagainya.
5. Hargai waktu dengan membuat timeline, jangan terlena dalam mencari dan merancang sesuatu. Mulailah untuk action atas apa yang kamu sukai maupun hal kecil yang bermanfaat. (*)

Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help